Jakarta (ANTARA) - Vitesse Arnhem gagal mendekati Ajax setelah ditahan imbang 1-1 oleh tamunya, Heerenveen, dalam laga pekan ke-12 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion GelreDome, Minggu.

Vitesse kini berada di posisi ketiga dengan raihan 26 poin, terpaut empat poin dari Ajax, yang pada pertandingan sebelumnya berpesta gol ke gawang PEC Zwolle 4-0.

Sedangkan Heerenveen memperpanjang rentetan hasil seri mereka dalam empat laga terakhir dan kini terdampar di posisi ketujuh dengan koleksi 20 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Pemain Ajax Quincy Promes ditahan atas kasus penusukan

Pertandingan berlangsung dalam tempo lambat. Kedua tim tak saling langsung menekan jantung pertahanan masing-masing dan bermain menunggu.

Di samping itu, lini kedua tim sama-sama disiplin sehingga membuat bola kerap terblokir oleh lini pertahanan. Baik Vitesse maupun Heerenveen juga kesulitan untuk merangsek ke dalam kotak 16 pas, bola lebih banyak dilepaskan dari luar kotak penalti.

Enam menit jelang paruh pertama berakhir, Vitesse mampu memecah kebuntuan melalui sepakan penyerang mereka, Oussama Darfalou.

Oussama Tennane melakukan akselerasi melewati tiga pemain Heereveen hingga melepaskan umpan silang. Bek tim tamu melakukan sapuan terlalu lemah dan bola mendarat ke kaki Darfalou yang dengan mudah menyonteknya ke dalam gawang.

Heerenveen hampir memaksa kedudukan imbang di pengujung babak pertama. Beruntung sepakan keras Rodney Kongolo dari luar kotak penalti masih menyamping tipis di kiri atas gawang Vitesse.

Baca juga: Nick Kuipers gabung klub Belanda hanya sekadar latihan

Memasuki babak kedua Heerenveen mulai bisa melancarkan serangan bertubi-tubi. Gol penyama kedudukan pun terlahir pada menit ke-54 melalui kaki Sherel Floranus.

Berawal dari tendangan jarak jauh Joey Veerman dari luar kotak penalti, bola masih bisa ditepis kiper Remko Pasveer. Namun bola muntah mengarah ke Sherel Floranus yang melakukan overlapping.

Tendangan pertama Floranus sempat kembali ditepis, namun bola tak jauh dari jangkauan pemain timnas Belanda U-21 dan kali ini bisa menjebol gawang Vitesse.

Hingga laga usai kedua terjadi jual beli serangan, namun tak ada gol tambahan hingga peluit panjang.

Pada pekan berikutnya, Vitesse akan menjamu Feyenoord pada Minggu (20/12), sedangkan Heerenveen bertemu Heracles Almelo pada hari yang sama.

Baca juga: PSV hindari kekalahan dari Heerenveen berkat gol penghujung laga
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020