Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt) Menteri Sosial (Mensos) RI Muhadjir Effendy meminta dukungan penuh pada media massa dalam memperkuat berbagai program kerja di Kementerian Sosial (Kemensos).

"Saya minta dukungan untuk sosialisasi program Kemensos terutama untuk menyongsong program kerja 2021," kata Muhadjir di Gedung Kemensos Jakarta, Senin.

Baca juga: Muhadjir Effendy raih penghargaan menteri terbaik dari Obsession Award

Baca juga: Presiden Jokowi tunjuk Menko PMK sebagai Pjs Mensos


Ia mengakui tanpa bantuan media massa, berbagai program kerja yang diusung oleh kementerian tersebut tidak bisa berjalan maksimal.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tersebut mengatakan peran media selama ini cukup vital dalam mempublikasikan berbagai program pada masyarakat.

Apalagi, Menko PMK tersebut mengaku telah merasakan bantuan dan kerja sama dari media massa saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Saya punya pengalaman dari dukungan media pas di Kemendikbud," ujarnya.

Secara umum, ia menilai Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) merupakan tiga instansi yang berpengaruh besar dalam mengatasi pandemi COVID-19 pada awal-awal terjadi di Tanah Air.

Baca juga: Menko PMK: Pemberian vaksin COVID-19 disebar ke daerah prioritas

Secara pribadi, ia mengaku mendapat arahan khusus dari Presiden saat awal pandemi COVID-19 terjadi supaya penyaluran bantuan sosial dapat tersalurkan lima hari jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Saya sampai telepon-teleponan dengan Pak Juliari Batubara saat itu hingga tengah malam," ujar dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020