Bandung (ANTARA) - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil mendominasi Penghargaan Upakarti dan Indonesia Good Design Selection (IDGS) 2020 yang digelar Kementerian Perindustrian.

"Alhamdulillah satu Upakarti dan empat penghargaan IGDS 2020 didapatkan pelaku IKM dari Jawa Barat, sekali lagi alhamdulillah ini membanggakan IKM kita bisa terus menunjukan kualitas di tengah pandemi COVID-19,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana, Senin.

Arifin menuturkan penghargaan tersebut diserahkan secara virtual dan simbolis oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akhir pekan lalu di Jakarta.

Penghargaan tersebut juga diberikan atas dedikasi pengabdian dan karya produk anak bangsa Indonesia dan pelaku IKM dari Jawa Barat berhasil meraih beberapa kategori.

Arifin menuturkan penerima penghargaan Upakarti Kategori Jasa Pengabdian ialah Soetomo Kaoem (Industri Tekstil dan Serat Alam) PT.Innatex Kota Bandung.

Kemudian pemenang penghargaan IGDS 2020: Kategori Design Concept Grand Award ialah Konsep Promithevo, PT. Luwes Inovasi Mandiri Kota Depok

Kategori Design Concept Best 3: Konsep Tiar Chandelier, PT. Balagi Rattan Kota Cirebon, Kategori Design Product Best 3, Produk Vantage Ecoprint @sepatokimin, Kota Bandung.

"Dan mudah-mudahan penghargaan ini bisa terus memacu kreatifitas pelaku IKM lain di Jawa Barat," katanya.

Dalam keterangan pers Kementerian Perindustrian, Wapres Ma’ruf menjelaskan, kemajuan Indonesia juga merupakan buah kerja keras dari 3,8 juta pelaku IKM yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Untuk itu, pembangunan daya saing IKM perlu dukungan dan sinergi dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah pusat maupun daerah, asosiasi, lembaga riset dan perguruan tinggi, hingga pihak swasta.

Pada acara ini, Ma’ruf Amin juga memberikan apresiasinya kepada para pelaku IKM yang telah bangkit dan kembali melanjutkan aktivitasnya.

"IKM mampu beradaptasi dengan cepat di tengah tekanan berat akibat pandemi Covid-19. Hal ini patut mendapat apresiasi dan dukungan serius, sehingga ke depan IKM kita bisa mencapai kemajuan yang diharapkan," tuturnya.

Wapres juga menyampaikan harapan dan ajakan untuk melangkah bersama guna memajukan perekonomian nasional untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan bahwa Penghargaan Upakarti telah dilaksanakan sejak tahun 1985 dengan tujuan meningkatkan kesadaran, mendorong motivasi serta prakarsa masyarakat, baik orang perseorangan, lembaga/oganisasi ataupun perusahaan, untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan sektor IKM guna meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja di seluruh wilayah Indonesia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020