Kemenhub buka penyeberangan langsung Banyuwangi-Lombok 25 Desember

Kemenhub buka penyeberangan langsung Banyuwangi-Lombok 25 Desember

Dokumentasi - Kapal pesiar Sun Princess yang membawa ribuan wisatawan asing sandar di Terminal Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB. ANTARA/HO/Pelindo.

Sudah ada beberapa operator yang siap menyediakan kapalnya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan akan membuka jalur angkutan penyeberangan langsung dari Ketapang, Banyuwangi menuju Lembar, Lombok Barat pada 25 Desember 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan pembukaan jalur baru ini diharapkan efektif mengurangi kepadatan lalu lintas, mengingat para wisatawan atau masyarakat tidak perlu menggunakan jalur darat.

"Mereka yang ke Lombok tidak perlu melalui jalur darat, tetapi langsung ke Lembar. Ini akan dioperasikan nanti tangga 25 Desember," kata Menhub Budi Karya pada acara media gathering PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Jakarta, Senin.

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan jalur baru ini diharapkan efektif bagi wisatawan menuju Lombok karena tidak lagi harus melalui Pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai, Bali.

Budi menjelaskan sejumlah operator siap menyediakan armada dan saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi kepada para operator kapal penyeberangan.

"Sudah ada beberapa operator yang siap menyediakan kapalnya dan kami lakukan juga edukasi terhadap operasional kapal yang langsung tidak dari Ketapang-Gilimanuk atau Padang Bai-Lembar, tetapi langsung," kata Budi.

Ada pun pembukaan jalur baru ini juga dalam rangka mendukung layanan angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi peningkatan penumpang periode layanan angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mencapai 2,17 juta orang atau meningkat 12 persen jika dibandingkan rata-rata layanan selama pandemi.

Lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk menjadi perhatian ASDP dalam pelaksanaan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2021.

Jumlah penumpang lintasan Ketapang-Gilimanuk diperkirakan mencapai 692 ribu orang atau turun 48 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 1,33 juta orang.


Baca juga: Menhub akan buka layanan penyeberangan Lombok-Surabaya

Baca juga: Pelindo segera selesaikan fasilitas pelabuhan Gili Mas Lombok Barat

Baca juga: Pelabuhan Jangkar akan layani rute NTB-NTT

Baca juga: Natal-Tahun Baru, ASDP prediksi peningkatan penumpang 12 persen


 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dermaga penyeberangan antar pulau akan mendapat GeNose C19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar