mulailah saat ini menjadi konsumen cerdas
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan menemukan produk tak layak edar di Lotte Mart Kelapa Gading, Jakarta Utara saat pengawasan pusat perbelanjaan pangan dan ritel jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Senin.

Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Etty Syartika di Jakarta, mengatakan, petugas gabungan menemukan sejumlah jenis produk tak layak edar seperti kemasan rusak, berakhirnya masa berlaku izin edar dan varian produk tidak memiliki izin edar.

Petugas gabungan itu terdiri dari Dinas PPKUKM DKI Jakarta berkolaborasi dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) DKI Jakarta dan koordinator pengawas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Polda Metro Jaya.

Ia mengatakan, rangkaian pengawasan pangan untuk makanan dan minuman itu dilakukan mulai Senin (14/12) hingga Rabu (16/12).

Petugas gabungan memeriksa satu per satu rak dan produk yang dijual di pusat perbelanjaan itu.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Mendag sebut harga bahan pokok stabil

Pemeriksaan difokuskan pada cek kemasan, cek label, izin edar dan waktu kedaluwarsa. Makanan dan minuman yang ditemukan tidak layak, kemudian dikumpulkan untuk selanjutnya dibuatkan berita acara pemeriksaan (BAP).

Selain di Jakarta Utara, pengawasan pangan serupa juga dilakukan di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Petugas juga membuka salah satu parsel yang dijual dan ditemukan satu produk makanan yang masa berlaku izin edar habis.

Selain itu, lanjutnya, petugas juga mengimbau agar parsel yang dijual diberikan keterangan nama produk serta waktu kedaluwarsa.

Oleh karena itu, Etty menghimbau masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas sebelum membeli produk pangan dan obat agar masyarakat terhindar dari penyalahgunaan peredaran pangan dan obat yang dijual bebas.

Baca juga: Ketua MPR dorong pemda bersiap hadapi perayaan Natal-Tahun Baru

“Saya menghimbau kepada masyarakat mulailah saat ini menjadi konsumen cerdas. Artinya ketika membeli suatu produk kita harus memperhatikan keamanan produk pangan dan obat seperti masa kedaluwarsa hingga bentuk kemasannya,” kata Etty.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020