Medan (ANTARA) - Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Martuani Sormin, mengimbau kepada masyarakat agar mau melaksanakan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 secara daring maupun virtual.

"Polda Sumatera Utara tetap melaksanakan pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," ujar dia, saat memimpin rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin Toba 2020, di Medan, Selasa.

Baca juga: Polda Sumut siapkan 103 pos keamanan dan 38 pos pelayanan Natal

Ia menyebutkan, semalam (14/12) Polda Sumatera Utara sudah audensi dengan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) serta menegaskan tidak ada pelaksanaan Natal dan Tahun Baru mengingat saat ini virus Korona masih mewabah di mana-mana.

"Kami juga menyampaikan tidak ada pelaksanaan pesta Tahun Baru 2021. Kalau ada akan kami bubarkan," ujarnya.

Baca juga: 120 ribu personel TNI dan Polri amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Ia berharap pelaksanaan rapat kooerdinasi lintas sektoral terkait Operasi Lilin Toba 2020 dapat berjalan secara baik dan menemukan jalan terbaik. "Selain itu, dapat dijadikan acuan kita dan menyatukan persepsi semua unsur dalam pelaksanan Ops Lilin Toba 2021 nantinya," kata Sormin.

Selanjutnya Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Hassanudin, mengatakan, TNI siap membantu dann mendampingi polisi untuk membantu menjaga kamtibmas, baik dalam pelaksanaan Pilkada maupun pelaksanaan Operasi Lilin 2021 nanti.

"Karena dengan bekerja sama kita pasti bisa," ujar dia. 

Baca juga: Kapolri tekankan peran aktif komponen masyarakat amankan Natal

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020