Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat siap menurunkan 3.173 personel mereka dalam pengamanan Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021 dalam Operasi Lilin Singgalang 2020 di daerah tersebut.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Padang, Rabu mengatakan operasi yang berlangsung selama 15 hari.

Baca juga: Luhut larang kerumunan Tahun Baru antisipasi lonjakan kasus COVID-19
Baca juga: Daop Madiun siagakan 10 lokomotif dan 57 gerbong hadapi Nataru


"3.173 personel ini merupakan dari Polda Sumbar maupun polres se-jajaran," kata dia.

Ia mengatakan pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2020 akan dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 04 Januari 2021.

Menurut dia selama operasi berlangsung pihaknya mendirikan sebanyak 63 buah pos di seluruh wilayah Sumatera Barat.

Ia menyebutkan 63 pos tersebut terdiri dari 38 pos pengamanan, 24 pos pelayanan dan satu buah pos terpadu yang berada di kawasan wisata Jam Gadang kota Bukittinggi.

“Selain melibatkan personel kepolisian, operasi ini juga mengikutsertakan jajaran TNI serta instansi terkait lainnya demi terciptanya kelancaran Natal dan Tahun Baru,” kata dia

Dirinya mengatakan di tegah pandemi COVID-19 pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menikmati hari libur dengan berkunjung tempat objek wisata di wilayah Provinsi Sumatera Barat, untuk selalu mengikuti protokol kesehatan (prokes) agar meminimalkan penularan virus.

“Kami imbau untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Serta patuhi Perda Provinsi Sumbar nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Jika melanggar akan mendapatkan sanksi sesuai Perda tersebut,” kata dia.

Baca juga: Polda Sumbar tahan 10 pelaku tambang liar dan pembalakan liar
Baca juga: Polisi ledakkan granat nanas yang ditemukan warga di Pariaman

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020