Menghadapi situasi perubahan sesuai dengan transformasi bisnis yang tengah dijalankan Pupuk Indonesia Grup dalam rangka mencapai visi, misi dan strategi yang telah ditetapkan, budaya AKHLAK
Jakarta (ANTARA) - Manajemen PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta seluruh anak perusahaan menyepakati tiga poin komitmen dalam menjalankan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman dalam keterangannya di Jakarta, Selasa menyampaikan ketiga poin itu yakni menjadi figur panutan (role model) dalam menerapkan Core Values AKHLAK.

Kemudian, menerapkan Core Values AKHLAK sebagai identitas dan perekat tata nilai kerja seluruh Insan Pupuk Indonesia Grup yang mendukung kinerja dan transformasi Pupuk Indonesia Grup secara menyeluruh.

Baca juga: Pupuk Indonesia komitmen tingkatkan budaya antikorupsi

Dan menjadikan Tata Nilai AKHLAK sebagai core values dalam pelaksanaan mandat dan tugas untuk menghadirkan values creation bagi Pupuk Indonesia Grup.

"Menghadapi situasi perubahan sesuai dengan transformasi bisnis yang tengah dijalankan Pupuk Indonesia Grup dalam rangka mencapai visi, misi dan strategi yang telah ditetapkan, budaya AKHLAK ini penting untuk diterapkan lebih konsisten dari waktu ke waktu," kata Bakir Pasaman dalam acara Kick Off Meeting Implementasi Budaya AKHLAK Dalam Mendukung Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Grup.

Ketiga poin komitmen yang disepakati dalam rangka menuju tahapan internalisasi budaya AKHLAK di lingkungan perusahaan juga ditandatangani langsung oleh direktur utama Pupuk Indonesia dan para direktur utama anak perusahaan.

Baca juga: Pupuk Indonesia targetkan Agro Solution capai 25.000 hektare pada 2021

AKHLAK sendiri adalah core value yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir pada 20 Juli 2020.

Penetapan ini kemudian diikuti oleh Surat Edaran Kementerian BUMN Nomor 07 Tentang Nilai-nilai Utama Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.

"Bagi Pupuk Indonesia, penerapan nilai AKHLAK  bukan hanya sekedar menghapal akronim semata atau sekedar slogan saja. Namun juga berkomitmen untuk mensukseskan nilai-nilai AKHLAK ini sebagai pedoman dan fondasi perilaku karyawan dan perusahaan sehingga kita bisa sama-sama membawa pribadi kita maupun perusahaan menjadi jauh lebih baik lagi," ujar Bakir.

Baca juga: Pusri pastikan stok pupuk subsidi aman

Dalam kesempatan sama, Direktur SDM & Tata Kelola Pupuk Indonesia Winardi menerangkan, implementasi budaya AKHLAK memiliki lima tahapan. Tahap sosialisasi, tahap Internalisasi, tahap implementasi, evaluasi hingga reinforcement atau penguatan atas nilai-nilai budaya AKHLAK.

"Pada tahap implementasi kami akan memastikan jika budaya AKHLAK dan key behavior dilaksanakan secara konsisten di pekerjaan, termasuk memastikan AKHLAK terintegrasi dalam Human Resources System dan KPI Perusahaan, serta upaya-upaya penguatan lainnya melalui beragam kegiatan," katanya.

Bagi Pupuk Indonesia, nilai-nilai AKHLAK sangat sesuai dengan perkembangan dan dinamika dunia usaha saat ini. Serta sejalan dengan tugas dan fungsi BUMN, yang dituntut untuk menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dan akselerator kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020