Sungguh berbahagia untuk bisa meninjau contoh besar dari kemitraan Indonesia - Prancis yang sukses
Jakarta (ANTARA) - Menteri Urusan Perdagangan Luar Negeri dan Investasi Prancis Franck Riester mengungkapkan keberhasilan kerjasama positif antara PT Wijaya Karya Indonesia dan Konstruksi (WIKA IKON) dan perusahaan Prancis Matiere menunjukkan BUMN Indonesia merupakan mitra terpercaya.

"Kerjasama ini menunjukkan bahwa BUMN-BUMN Indonesia adalah mitra terpercaya," ujar Franck Riester di Balaraja, Tangerang, Banten pada Selasa.

Menurut Mendag Prancis itu, kerjasama antara Matiere dan WIKA IKON merupakan kemitraan antara Indonesia dan Prancis yang dinilai sukses.

"Sungguh berbahagia untuk bisa meninjau contoh besar dari kemitraan Indonesia - Prancis yang sukses. Kerjasama saling menguntungkan antara WIKA IKON dan Matiere menggabungkan teknologi Prancis dengan keahlian (expertise) Indonesia di bidang metal transformation dan cost competitiveness," katanya.

Dirinya bangga ketika mengetahui teknologi jembatan modular unibridge, yang berhasil diterapkan di Prancis dan negara-negara lainnya, saat ini bisa diimplementasikan dalam membangun berbagai proyek infrastruktur berkualitas di Indonesia.

"Kerjasama ini berkontribusi pada pembangunan infrastruktur, bersamaan dengan peningkatan skill sumber daya manusia melalui pelatihan serta transfer teknologi, yang tetap menjadi prioritas utama dari pemerintah Indonesia," kata Mendag Prancis tersebut.

Frank juga menyampaikan bahwa kemitraan Prancis dan Indonesia di bidang infrastruktur dapat ditelusuri saat arsitek Prancis ternama, Paul Andreu merancang bandara Soekarno-Hatta dengan konsep dan tradisi khas Indonesia pada 1977.

Sejak saat itu, sejumlah perusahaan Prancis telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia dalam membangun berbagai proyek infrastruktur penting.

PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi merupakan salah satu anak perusahaan dari BUMN Karya PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA yang bergerak di bidang industri dan pabrikasi baja.

Kerjasama WIKA IKON dan Matiere berawal pada tahun 2017 di hadapan Francois Hollande yang menjabat sebagai Presiden Prancis saat itu. Kedua perusahaan kemudian bekerjasama memanfaatkan pabrik WIKA IKON di Tangerang untuk memproduksi jembatan modular unibridge.

Baca juga: Mendag Prancis yakin WIKA IKON dibutuhkan dalam proyek infrastruktur
Baca juga: Mendag Prancis dorong perusahaan Perancis - Indonesia kerja sama
Baca juga: Konstruksi tol Kunciran - Cengkareng capai 94,9 persen per November

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020