Warga positif COVID-19 di Belitung bertambah lima orang

Warga positif COVID-19 di Belitung bertambah lima orang

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung Sahani Saleh. ANTARA/babel.antaranews.com/kasmono.

Belitung,Babel (ANTARA) - Warga positif COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah lima orang sehingga total mencapai 215 orang dan 186 orang diantaranya sembuh setelah menjalani perawatan dan melewati masa karantina intensif.

"Hari ini bertambah lima orang warga yang diketahui positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap sebelumnya," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, ke lima warga yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil uji PCR spesimen usap (swab) tersebut masing-masing berinisial, IL (28), WB (78), HL (39), KT (66), dan BL (66).

"Pasien merupakan hasil dari penelusuran dari riwayat kontak dengan pasien yang sebelumnya diketahui positif COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Belitung: Total 8 pasien COVID-19 meninggal dunia

Baca juga: 23 pasien COVID-19 Belitung Timur dinyatakan sembuh


Dia mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dikarenakan sekarang ini telah terjadinya transmisi lokal penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Kepada masyarakat yang pernah berada dalam satu ruangan dengan salah satu pasien COVID-19 selama lebih dari lima belas menit dan berdekatan dengan jarak kurang dari dua meter diharapkan untuk segera menghubungi Dinas Kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat.

"Jika sudah ada gejala demam dan sesak nafas bisa datang ke pusat deteksi COVID-19 RSUD Marsidi Judono Belitung," katanya.

Sahani menambahkan, dengan penambahan kasus tersebut total kumulatif kasus positif COVID-19 di Belitung mencapai 215 orang dan 186 lainnya telah sembuh.

Sehingga total pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan sebanyak 21 orang dan 12 orang di antaranya di RSUD Marsidi Judono, empat orang karantina SKB, dan lima orang menjalani karantina mandiri.

"Jumlah kasus kematian akibat COVID-19 sebanyak delapan orang," ujar Sahani.*

Baca juga: Pasien COVID-19 di Bangka Belitung bertambah 22 orang

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Babel bertambah 21 orang

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Doni Monardo resmikan RS di Bangka, pasien dipindahkan bertahap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar