Kejari Padang pindahkan puluhan tahanan pernah reaktif COVID-19

Kejari Padang pindahkan puluhan tahanan pernah reaktif COVID-19

Proses pemindahan puluhan tahanan dari sel tahanan kejaksaan ke Rutan Padang, Rabu (16/12/2020). ANTARA/Fathul Abdi/am.

Dilakukan pemindahan para tahanan yang pernah dinyatakan reaktif
Padang (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memindahkan 27 orang tahanan yang sebelumnya diisolasi, karena hasil tes cepat (rapid test) menyatakan mereka semua reaktif COVID-19.

"Hari ini dilakukan pemindahan para tahanan yang pernah dinyatakan reaktif dari sel kejaksaan ke Rumah Tahanan (Rutan) Padang," kata Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Padang, Yarnes, di Padang, Rabu.

Ia mengatakan hasil reaktif para tahanan tersebut diketahui ketika kejaksaan akan memindahkan 98 tahanan kejaksaan dari sel polisi ke rutan pada Senin (14/12).

Sebelum dipindahkan, seluruh tahanan menjalani tes rapid hingga akhirnya 27 tahanan dinyatakan reaktif, yaitu dua tahanan perempuan dan 25 orang laki-laki.

Para tahanan yang dinyatakan reaktif itu, akhirnya menjalani isolasi terlebih dahulu di sel tahanan Kejari Padang, dan dilakukan tes usap (swab).

Tes swab dilakukan kepada 27 tahanan pada Senin (14/12), sebelum hasilnya keluar pada Rabu ini yang menyatakan seluruhnya negatif COVID-19.

"Karena hasil tes swab telah keluar dan menyatakan negatif, akhirnya para tahanan yang diisolasi di sel tahanan kejaksaan kami pindahkan ke Rutan Padang," ujarnya pula.

Proses pemindahan puluhan tahanan dikawal ketat oleh petugas pengawal Kejari Padang serta personel Kepolisian Resor Kota Padang.

Yarnes menjelaskan seluruh tahanan kejaksaan yang akan dipindahkan ke rutan saat ini wajib dilakukan tes cepat COVID-19.

"Bagi tahanan yang hasilnya reaktif langsung dilanjutkan dengan tes swab," katanya pula.

Hal itu dilakukan demi memastikan kondisi kesehatan para tahanan, sekaligus menjaga tahanan yang ada di rutan agar tidak terinfeksi virus.

"Dalam pemindahan tahanan, kami tetap berkoordinasi dengan penyidik kepolisian, pengadilan, serta Kanwil Kemenkumham Sumbar," katanya.

Kejari Padang hingga saat ini masih menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 secara ketat dan tegas.
Baca juga: 61 penghuni sel tahanan polisi dipindahkan ke Rutan Anak Air Padang
Baca juga: Cegah COVID-19, seluruh tahanan baru Rutan Padang diisolasi

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar