Penumpang Bandara International Yogyakarta diprediksi naik 25 persen

Penumpang Bandara International Yogyakarta diprediksi naik 25 persen

Ilustrasi - Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/Sutarmi

Perkirakan jumlah penumpang yang datang dan pergi selama libur Natal dan Tahun Baru berkisar 10.000 orang per hari
Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) memprediksi penumpang Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 akan mengalami kenaikan sebesar 25 persen dari hari biasa.

Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Bambang Triyono di Kulon Progo, Rabu, mengatakan saat ini jumlah penumpang pulang pergi (PP) melalui Bandara Internasional Yogyakarta rata-rata 4.000 penumpang per hari dan pada Desember 2020 ini, jumlah naik hingga 8.000 penumpang per hari.

Baca juga: AP I siapkan area 2.312 meter persegi untuk UMKM di 13 bandara

Berdasarkan hal itu pihaknya memprediksi pada momen libur natal dan tahun baru yang berlangsung diproyeksikan naik lagi sampai 25 persen.

"Kalau proyeksi kami benar terjadi, maka perkirakan jumlah penumpang yang datang dan pergi selama libur natal dan tahun baru berkisar 10.000 orang per hari," katanya.

Saat ini, jumlah penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta mencapai 45 penerbangan per hari. Jumlah itu bisa bertambah jika memasuki masa liburan atau akhir pekan.

Bambang mengatakan tingginya jumlah penumpang tidak menjadi persoalan karena terminal kedatangan dan pemberangkatan sangat luas, dan sudah diatur sedemikian rupa dengan penerapan protokol kesehatan.

"Jumlah itu tidak akan jadi soal, karena dari segi luasan bandara ini dipastikan dapat menampung mereka semua. Kami juga sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Namun demikian, Bambang mengatakan sampai saat ini, pihaknya belum menerima permohonan adanya penambahan penerbangan dari maskapai yang menggunakan jasa di Bandara Internasional Yogyakarta.

"Belum ada penambahan penerbangan, tapi kami tetap siap, karena slot penerbangan di sini sangat longgar," katanya.

Baca juga: AP I pastikan protokol kesehatan bandara saat libur Natal-Tahun Baru
Baca juga: Bandara YIA dongkrak pertumbuhan ekonomi Kulon Progo


Pewarta: Sutarmi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar