Pandemi ini mendorong kita semua untuk melakukan terobosan dan berbagai inovasi agar perekonomian bergerak kembali. Untuk itu pemerintah menyelenggarakan FDN sebagai bentuk dukungan kepada UMKM di Tanah Air,
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa penyelenggaraan Festival Diskon Nasional (FDN) merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

"Pandemi ini mendorong kita semua untuk melakukan terobosan dan berbagai inovasi agar perekonomian bergerak kembali. Untuk itu pemerintah menyelenggarakan FDN sebagai bentuk dukungan kepada UMKM di Tanah Air," ujar Presiden Jokowi dalam video pembukaan Festival Diskon Nasional, Rabu.

Pada video tersebut, Jokowi juga mengajak semua pihak untuk menunjukkan rasa bangga terhadap produk lokal.

"Mari kita tunjukkan rasa bangga kita pada produk asli Indonesia hanya di Festival Diskon Nasional," kata Presiden.

Baca juga: Peneliti Indef nilai penyelenggaraan FDN bantu UMKM bangkit

Dalam video itu, sejumlah menteri juga menyampaikan pesan dalam acara FDN itu, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang mengajak untuk membeli produk Indonesia.

"Jadi patriot bangsa, dan belilah produk Indonesia," kata Luhut.

Dalam video itu tak ketinggalan juga Menteri BUMN Erick Thohir yang menyatakan bangga terhadap merek lokal dengan kualitas dunia.

"Sebagai kolektor sneakers saya sangat bangga ada merek lokal yang berkualitas dunia," ucapnya.

Baca juga: Penyelenggaraan festival diskon diharapkan mampu perbaiki kinerja UMKM

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan bukti kesetiaan masyarakat terhadap produk lokal yakni dengan mendukung UMKM Nasional.

"Mau buktikan kesetiaan sama produk lokal, waktunya dukung UMKM nasional," ucapnya.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin mengajak masyarakat untuk berbelanja dalam event FDN mulai 16 hingga 31 Desember 2020.

"Siap-siap belanja dari tanggal 16 Desember sampai 31 Desember 2020, nikmati program diskon barang UMKM terbesar se-Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Presiden ajak pedagang martabak, nasi uduk jualan secara online

Kegiatan FDN itu mengusung tema "Beli Satu Tumbuh Seribu", yang akan melibatkan empat Bank Himbara, 24 BUMN dan afiliasi, 65 mitra e-commerce, 5.000 merchant konvensional, 211.000 merchant UMKM, dan lima uang elektronik.

Dalam pelaksanaan FDN itu, Kementerian BUMN dan sejumlah perusahaan BUMN berkolaborasi menyelenggarakan FDN pada 16-31 Desember 2020.

Penyelenggaraan event dapat dilakukan secara online maupun offline, di mana informasi produk dan diskon yang ditawarkan, serta informasi mengenai UMKM, merchant lokal atau BUMN yang berpartisipasi dapat diakses pada www.festivaldiskonnasional.com.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020