Anggota DPR apresiasi sikap dewasa peserta Pilkada Kabupaten Bandung

Anggota DPR apresiasi sikap dewasa peserta Pilkada Kabupaten Bandung

Cucun Ahmad Syamsurijal. (dpr.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Sjamsurijal mengapresiasi sikap dewasa yang ditunjukkan para calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2020.

Setelah pasangan Yena Ma’soem-Atep menyatakan menerima hasil Pilkada Bandung 2020, giliran pasangan Kurnia Agustina-Usman Sayogi menyatakan menerima hasil pilkada setelah KPU Bandung menggelar rapat pleno penetapan hasil Pilkada 2020, Selasa (15/12).

“Kami sangat menghargai sikap dari para calon kepala daerah peserta Pilkada Bandung 2020. Sikap mereka yang 'legowo' menerima hasil Pilkada 2020 menjadi modal besar bagi pembangunan Kabupaten Bandung lima tahun ke depan,” ujar Cucun kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Timses klaim kemenangan Bedas dalam Pemilihan Bupati Bandung 2020

Cucun menilai ada semangat bersama dari para calon kepala daerah untuk meletakkan kepentingan Kabupaten Bandung di atas kepentingan diri maupun kelompok.

"Semangat itu ditunjukkan dengan menerima hasil pilkada, meskipun mereka kalah. Jadi ini sikap yang perlu kita apresiasi bersama,” ujar Ketua Fraksi PKB DPR RI tersebut.

Dari hasil pleno KPU diketahui pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan (Bedas) memperoleh sebanyak 928.602 suara sah. Pasangan Kurnia Agustina-Usman Sayogi mendapatkan 511.413 suara sah, sedangkan Yena Masoem-Atep mengantongi 217.780 suara sah.

Baca juga: Polisi larang konvoi kemenangan Pilkada Kabupaten Bandung

Usai hasil pleno diumumkan, Kurnia Agustina menyatakan pihaknya menerima hasil pleno KPU. Istri dari mantan Bupati Dadang Naser tersebut juga mengucapkan selamat kepada Bedas dan berharap Bedas bisa memimpin Bandung dengan amanah.

Menurut Cucun, pilkada adalah kontestasi politik untuk mencari calon pemimpin terbaik yang dikehendaki masyarakat.

"Jika sudah selesai dan diketahui pemenangnya, maka sudah seharusnya para calon, tim pemenangan, hingga masyarakat bergandengan tangan kembali untuk membangun Kabupaten Bandung," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Bandung untuk bersatu membangun (manunggal ngawangun) Kabupaten Bandung yang lebih baik.

Baca juga: KPU tetapkan 2.356.412 pemilih dalam DPT Pilbup Bandung 2020

"Apa yang baru saja disampaikan Teh Nia dan Teh Yenna merupakan isyarat sekaligus ajakan bagi kita untuk segera kembali bekerja membangun Kabupaten Bandung bersama bupati dan wakil bupati terpilih. Mari kita lupakan nomor satu, dua, dan tiga. Mari kita 'manunggal ngawangun' Labupaten Bandung yang lebih baik," ujar Cucun.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KPU Kalsel siapkan penyelenggaraan pilkada ulang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar