Pangdam ajak mubaligh Sumut sinergi dengan Kodam I/BB

Pangdam ajak mubaligh Sumut sinergi dengan Kodam I/BB

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin (kiri) menyerahkan cendera mata kepada Ketua Wilayah Bakomubin Sumut Ardiansyah Saragih. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hassanudin mengajak para mubaligh di Sumatera Utara untuk bersinergi dan mendukung program Kodam I/BB melalui kegiatan dakwahnya.

"Peranan mubaligh strategis di lingkungan sosial masyarakat Muslim dan diyakini dapat mendorong perubahan perilaku dan cara pandang masyarakat Sumatera Utara (Sumut) ke arah yang semakin baik," ujarnya saat menerima audiensi Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) Sumut, di Makodam I/BB, Medan, Rabu.

Baca juga: Pangdam I/BB: operasi pendisiplinan prokes gencar dilakukan

Pangdam mengatakan para mubaligh bisa merangkul para generasi muda agar memiliki bekal ilmu pengetahuan yang cukup dalam membantu pemerintah dan aparat TNI-Polri menangkal isu-isu radikalisme yang bisa merusak rasa persaudaraan sesama anak bangsa.

"Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki mental dan spiritual umat. Memang pendidikan agama itu penting, maka peranan mubaligh harus ditingkatkan," ujar jenderal bintang dua itu.

Baca juga: Pangdam beri semangat korban banjir Medan-Deli Serdang

Sementara, Ketua Wilayah Bakomubin Sumut Ardiansyah Saragih mengatakan Bakomubin adalah sebuah institusi mubaligh yang memiliki fungsi dan peran sebagai media perjumpaan antara ulama, umara, dan umat.

Ia menyebutkan, sesuai peran mubaligh, pihaknya selaku pengurus mubaligh ingin bersinergi dan mendukung program Kodam I/BB terutama memperbaiki mental, akhlak para generasi muda dalam mencegah paham radikal yang dapat membahayakan bangsa dan negara Indonesia.

Baca juga: Kodam I/BB gelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan pada masyarakat

"Kami sebagai mubaligh juga memiliki kewajiban memperbaiki mental generasi muda, mulai dari mencegah paham radikal dan narkoba. Kami akan bekerja sama dengan pihak yang terkait," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar