Jakarta (ANTARA) - Roberto Firmino menciptakan gol dari sundulan pada menit ke-90 tatkala Liverpool menggusur Tottenham Hotspur 2-1 di Anfield, Kamis dini hari, untuk membuka keunggulan tiga poin di puncak klasemen Liga Premier Inggris atas klub London itu.

Liverpool mengumpulkan 28 poin, sementara Spurs kini tersalip pada urutan kedua dengan 25 poin di mana kedua tim telah memainkan 13 pertandingan. Southampton dan Leicester yang masing-masing menduduki urutan ketiga dan keempat sama-sama mengumpulkan 24 poin.

Mohamed Salah membawa Liverpool unggul terlebih dulu sebelum Son Heung-min menyamakan kedudukan untuk Spurs pada menit ke-33.

Tuan rumah memang mendominasi laga, namun tim tamulah yang menciptakan sejumlah peluang terbaik setelah jeda.

Baca juga: Mourinho tolak jemawa dan pertanyakan badai cedera Liverpool
Baca juga: Richarlison bawa Everton gebuk Leicester 2-0
Baca juga: Arsenal imbang 1-1 lawan Southampton, Gabriel kartu merah


Namun sundulan Firmino yang memanfaatkan tendangan sudut memastikan kemenangan tim asuhan Juergen Klopp dan sekaligus membuat Jose Mourinho pulang dengan tangan kosong.

Manajer Spurs sendiri merasa timnya pantas memetik tiga poin dari pertandingan itu.

"Saya bilang pada dia (Klopp) tim terbaik yang kalah dan dia tidak setuju, tapi itu pendapatnya," kata Mourinho seperti dikutip Reuters.

"Nyaris sekali menang, tapi kami menyianyiakan peluang, kami memiliki banyak peluang, mengendalikan permainan, hasil imbang akan menjadi hasil yang buruk, jadi Anda bisa membayangkan bagaimana perasaan kami menghadapi kekalahan ini," sambung dia.

Tim asuhan Klopp mendominasi laga sejak awal dan memimpin pada menit ke-26 ketika tembakan Salah dibelokkan oleh bek Spurs Toby Alderweireld sehingga melambung masuk ke sudut jauh.

Baca juga: Haller selamatkan West Ham dari kekalahan
Baca juga: Fulham tertolong VAR saat seri 0-0 melawan Brighton


Tottenham membalas tujuh menit kemudian saat Giovani Lo Celso mengaransemen gol yang diciptakan Son lewat umpan yang luar biasa. Pemain asal Korea Selatan itu menaklukkan kiper Alisson dengan penyelesaian yang cerdas nan tenang.

Meskipun tuan rumah menguasai sebagian besar penguasaan bola, Spurs mencatat dua peluang emas ketika Steven Bergwijn sudah menerobos masuk kotak dan sudah mengecoh Trent Alexander-Arnold tetapi tembakannya membentur tiang gawang.

Beberapa saat kemudian Harry Kane berdiri tidak terkawal saat menyambut sepak pojok Son tetapi tidak seperti biasanya sundulan dia tidak rapi dengan mengarahkan bola ke tanah dan menjauhi target padahal sudah dalam posisi yang bagus.

Peluang seperti itu jarang terjadi di Anfield, sebaliknya sang juara bertahan membuat Spurs harus membayar mahar ketika Firmino melompat guna menanduk bola untuk dimasukkan ke gawang Spurs setelah menyambut sepak pojok Andy Robertson.

"Pertandingan bagus melawan monsternya serangan balik, penguasaan bola yang kami ciptakan sungguh baik," kata Klopp.

"Ya, mereka mencetak satu gol, membuat dua peluang, selain itu kami mengendalikan permainan dan amatlah pantas mendapatkan tiga poin dan saya senang," pungkas dia seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Liverpool siap sodorkan kontrak baru untuk Virgil van Dijk
Baca juga: West Bromwich Albion resmi pecat Slaven Bilic
Baca juga: Jose Mourinho yakin Son Heung-min ingin pensiun di Tottenham Hotspur

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020