Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif asal Italia, Lamborghini telah mendapatkan izin untuk merilis kendaraan SC20 untuk mengaspal di jalan raya.

Dirancang oleh Lamborghini Squadra Corse SC20, kendaraan ini adalah yang kedua yang direkayasa oleh departemen motorsport dan dirancang oleh Centro Stile di Sant'Agata Bolognese. Mobil itu dibuat mengikuti keinginan pelanggan, yang terlibat dalam proyek dari gambar pertama oleh desainer Lamborghini.

Tujuan produksi dari kendaraan ini adalah untuk membangun kendaraan yang unik, desain dan performa yang ekstrim, serta mampu menggabungkan solusi aerodinamis yang diambil dari Lamborghini balap dengan menggabungkan garis-garis yang belum pernah terjadi sebelumnya dan detail eksklusif.

"Dua tahun setelah SC18 Alston, SC20 adalah tantangan baru yang menarik. Sumber inspirasi utama adalah Diablo VT Roadster, Aventador J, Veneno Roadster, dan Concept S, dan hasilnya adalah kombinasi dramatis antara kreativitas dan sikap balap," ungkap Mitja Borkert, Kepala Desain Lamborghini Centro Stile seperti yang dikutip dari laman resmi milik perusahaan, Kamis.

Baca juga: Lamborghini Urus Graphite Capsule hadir di Beijing Auto Show

Lambroghini SC0 ini hadir dengan dukungan mesin V12 6,5 liter yang disedot secara alami, menghasilkan 760 HP (770 PS) pada 8.500 rpm dan torsi 531 lb-ft (720 Nm) pada 6.750 rpm.

Para insinyur dari Lamborghini mempoles kendaraan ini dengan serat karbon dengan desain yang aerodinamis sehingga aliran udara menjadi lebih optimal untuk memberikan performa yang lebih baik.

Splitter depan yang menonjol dibingkai oleh dua sirip dan intake udara di kap depan yang terinspirasi oleh Huracán GT3 EVO, sedangkan sisi bodi yang dipahat hasil adopsi pada Essenza SCV12.

Pada bagian belakang, kendaraan ini terlihat sangat berotot dengan sayap serat karbon besar yang dapat diatur dalam tiga posisi berbeda: Beban Rendah, Sedang dan Tinggi.

Maurizio Reggiani, Chief Technical Officer Automobili Lamborghini, menyatakan, "SC20 adalah kombinasi dari teknik canggih, keahlian Italia, sporty, dan desain canggih. Ini juga merupakan contoh penerapan mesin V12 dan serat karbon kami ke kendaraan atap terbuka radikal yang secara pasti membawa DNA Lamborghini,"

Baca juga: Lamborghini Lady Gaga jadi hadiah kampanye amal

Baca juga: Lamborghini tarik Urus karena komponen yang dapat terbakar

Baca juga: Lamborghini "recall" Aventador SVJ karena kerusakan suspensi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020