Bakrie Brothers dukung Menhub gunakan mobil listrik

Bakrie Brothers dukung Menhub gunakan mobil listrik

Tangkapan layar - Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk. Anindya Bakrie dalam keterangan pers virtual di Jakarta, Kamis (17/12/2020). ANTARA/Ahmad Wijaya/aa.

ini tentunya agar diikuti oleh kementerian lain
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan nasional PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) mendukung langkah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan operasional sehari-hari sehingga membuktikan bahwa pemerintah sangat serius ingin menciptakan kendaraan yang bebas polusi.

"Kita sambut langkah Menhub dan kami melihat sebagai upaya bahwa program kendaraan listrik ke depan adalah ingin Indonesia lebih hijau dan ini tentunya agar diikuti oleh kementerian lain," kata Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk. Anindya Bakrie dalam keterangan pers virtual di Jakarta, Kamis.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Rabu, 16/12/2020) di Stasiun Gambir, Jakarta, resmi menggunakan kendaraan listrik berwarna putih (Ioniq) bernomor polisi RI 35 untuk operasional kedinasan sehari-hari dan mengajak Instansi lain untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional.

Dikatakan Anindya, tren penggunaan kendaraan listrik sebenarnya sudah banyak dilakukan di berbagai negara di dunia dan Indonesia sebaiknya tidak ketinggalan dalam menggunakan teknologi itu sebagai kendaraan masa depan.

Apalagi, katanya, Indonesia memiliki kandungan nikel sebagai bahan baku untuk membuat baterei kendaraan listrik yang justru banyak diincar oleh negara lain.

"Tentunya kekayaan sumber daya alam ini bisa dimanfaatkan oleh Indonesia agar kita tidak perlu lagi impor baterai tapi bisa diproduksi di dalam negeri," katanya.

BNBR, katanya, melalui Bakrie Autoparts selama ini sudah memiliki pengalaman dalam mengembangkan industri suku cadang otomotif sehingga ikut mendukung program pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan listrik.

"Kendaraan listrik merupakan salah satu pengembangan bisnis BNBR untuk menciptakan solusi transportasi hijau," katanya.

Perusahaan meluncurkan bus listrik pertama di Indonesia yang telah lulus seluruh ketentuan proses homologasi dan pemenuhan seluruh ketentuan legalitas dan teknis untuk diuji coba secara komersial oleh TransJakarta.

Bakrie Autoparts juga sedang membangun unit ketiga bus listrik di sebuah perusahaan karoseri lokal yang diperuntukkan untuk penggunaan di jalur BRT TransJakarta.

"Selain di Jakarta, penggunaan bus listrik juga diminati di Bali, Jawa Tengah, dan Aceh. Tentunya diharapkan akan makin banyak lagi provinsi yang berminat sehingga menciptakan iklim hijau," kata Anindya

Baca juga: Bakrie Brother: Bisnis di 2021 tetap optimistis
Baca juga: TransJakarta-Bakrie akui puas dengan hasil uji coba bus listrik
Baca juga: TransJakarta rencanakan 100 bus listrik beroperasi hingga akhir tahun

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menilik kendaraan tua diubah jadi motor bebas emisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar