sebagai produsen pupuk nasional telah berkontribusi terhadap upaya pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan sesuai dengan program SDG’s yang dicanangkan pemerintah
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali menyabet penghargaan dengan predikat Platinum Rank dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2020 yang diselenggarakan oleh lembaga independen berfokus pada pengembangan berkelanjutan di Indonesia yakni The National Center for Sustainability Reporting (NCSR).

"Sebuah kebanggaan bagi kami, artinya kami sebagai produsen pupuk nasional telah berkontribusi terhadap upaya pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan sesuai dengan program SDG’s yang dicanangkan pemerintah," kata Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Keuangan dan Investasi Pupuk Indonesia Eko Taufik Wibowo di Jakarta, Senin (14/12).

Wijaya Laksana mengatakan predikat Platinum dalam ASRRAT membuktikan komitmen Pupuk Indonesia dalam meningkatkan kinerja perusahaan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, serta transparansi komunikasi kinerja perusahaan kepada masyarakat.

Bagi Pupuk Indonesia, penghargaan ini merupakan kali kelima perseroan meraih Platinum Rank. Anak usaha Pupuk Indonesia yaitu PT Pupuk Kalimantan Timur juga meraih penghargaan dengan predikat serupa di tahun ini.

Sesuai dengan komitmennya, Pupuk Indonesia dan 10 anak usahanya mengedepankan prinsip ramah lingkungan. Setiap tahunnya, BUMN industri pupuk nasiona ini terus menekan efisiensi energi dan menurunkan emisi.

Pupuk Indonesia melalui anak usahanya juga berupaya untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang berpotensi untuk meningkatkan pemanasan global yang akhirnya berdampak pada perubahan iklim. Hal itu dilakukan melalui berbagai program salah satunya dengan penanaman pohon mangrove di Gresik dan Bontang.

"Komitmen kami juga sudah terbukti melalui diraihnya Proper Emas Nasional oleh anak usaha sejak 2018 sampai dengan 2020," kata Wijaya.

The Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) yang sebelumnya menggunakan nama Sustainability Report Award (SRA) merupakan ajang apresiasi tahunan yang diberikan kepada perusahaan yang berkomitmen dalam melaksanakan dan mengembangkan pilar lingkungan, sosial, dan ekonomi melalui laporan berkelanjutan.

Tahun ini, proses penilaian laporan dilakukan oleh 21 assessor, yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka memiliki kompetensi sebagai assessor karena telah memiliki sertifikat spesialis laporan keberlanjutan yang dikeluarkan oleh NCSR dan disebut Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS).

Baca juga: KPK apresiasi Pupuk Indonesia sebagai BUMN pengelola LHKPN terbaik
Baca juga: Pusri pastikan stok pupuk subsidi aman
Baca juga: Pupuk Indonesia targetkan Agro Solution capai 25.000 hektare pada 2021

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020