Haris-Ilham terima kekalahan di Pilkada Banjarmasin

Haris-Ilham terima kekalahan di Pilkada Banjarmasin

Haris-Ilham. ANTARA/dok Antara.

Kita mengucapkan selamat kepada pasangan calon yang meraih suara tertinggi
Banjarmasin (ANTARA) - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin nomor urut 1 H Haris Makkie dan Ilham Noor memastikan menerima kekalahan di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Meraih suara terbanyak ketiga pada rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 yang ditetapkan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Haris-Ilham menyatakan legawa.

"Kita mengucapkan selamat kepada pasangan calon yang meraih suara tertinggi," ujar Ilham Noor di Banjarmasin, Kamis.

Bahkan jauh hari sebelumnya atau usai penghitungan cepat sebelum rekapitulasi resmi ini, pihaknya sudah menyampaikan pernyataan melalui media sosial, baik Instagram maupun Facebook dan lainnya mengucapkan selamat kepada pasangan H Ibnu Sina dan H Arifin Noor sebagai peraih suara terbanyak.

Pihaknya, kata Ilham, tidak menggugat hasil penghitungan tersebut.

Baca juga: Partisipasi pemilih pada Pilkada Banjarmasin hanya 56,13 persen

Baca juga: Ananda-Mushaffa menolak hasil rekapitulasi suara Pilkada Banjarmasin


"Kita harus memberi pelajaran demokrasi kepada masyarakat, bahwa Pilkada ini adalah pesta demokrasi tidak boleh dicederai hal-hal lain," papar politisi Partai Gerindra ini.

Yang hanya menjadi catatan pihaknya dalam Pilkada ini turunnya partisipasi pemilih, karena dari sekitar 440 ribu pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) hanya berkisar 250 ribu.

"Ini juga evaluasi kami untuk kedepan-nya agar Pilkada benar-benar diminati masyarakat untuk menyalurkan hal pilihnya demi pemimpin yang benar-benar diinginkan masyarakat," ujarnya.

Sebagaimana yang sudah ditetapkan KPU Kota Banjarmasin, pasangan calon nomor urut 2 H Ibnu Sina dan H Arifin Noor yang diusung partai Demokrat, PKB dan PDIP meraih suara tertinggi, yakni, 90.980 suara dari sebanyak 251.460 pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara itu, untuk urutan kedua tertinggi mendapatkan suara adalah pasangan calon nomor urut 4 yakni, Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir yang diusung Golkar, PKS, PAN dan Nasdem dengan total suara sebanyak 74.154 suara.

Diurutan ketiga tertinggi memperoleh suara, kata Rahmiyati Wahdah adalah pasangan calon nomor urut 1 yakni, H Haris Makkie dan Ilham Noor yang diusung Partai Gerindra, PPP dan PBB dengan total perolehan sebanyak 36.238 suara.

Sementara itu perolehan suara terbanyak keempat adalah pasangan calon nomor urut 3 yakni, H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy yang maju lewat jalur perseorangan dengan total sebanyak 31.334 suara.

Baca juga: KPU dan Bawaslu Banjarmasin tanggapi penolakan Ananda-Mushaffa

Baca juga: KPU Banjarmasin tetapkan Ibnu-Arifin peroleh suara tertinggi


Pewarta: Sukarli
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar