Abbas sambut sikap Indonesia yang tolak normalisasi dengan Israel

Abbas sambut sikap Indonesia yang tolak normalisasi dengan Israel

Dokumentasi - Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) berpelukan usai memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan KTT Luar Biasa Ke-5 OKI di JCC, Jakarta, Senin (7/3/2017). (ANTARA FOTO/OIC-ES2016/Wendra Ajistyatama)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyambut baik sikap pemerintah Indonesia yang menolak hubungan normalisasi dengan Israel.

Apresiasi itu disampaikan saat panggilan telepon yang dilakukan oleh Presiden Abbas pada Rabu (16/12) dengan Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo, menurut kantor berita resmi Palestina, WAFA.

Abbas menghargai sikap Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina, penolakan Indonesia terhadap normalisasi sebelumnya dengan Israel, dan komitmen bagi perwujudan perdamaian terlebih dahulu berdasarkan solusi dua negara.

Selama pembicaraan telepon, Presiden Palestina menyampaikan kepada Jokowi tentang "perkembangan terkini dalam perjuangan Palestina."

WAFA juga mengutip pernyataan Presiden Jokowi, yang mengatakan, "Meskipun terjadi perubahan cepat di Timur Tengah, Indonesia tidak akan mengambil langkah normalisasi dengan Israel sampai perdamaian permanen dan komprehensif tercapai antara Palestina dan Israel."

“Indonesia sebagai negara Muslim terbesar akan terus berupaya mendukung tercapainya perdamaian dan berperan lebih besar di bidang ini,” imbuhnya.

Sejak pertengahan September, Israel telah mencapai kesepakatan dengan negara-negara Timur Tengah, yakni Uni Emirat Arab dan Bahrain, juga dengan Sudan dan Maroko untuk melakukan normalisasi hubungan dengan mereka.

Palestina menentang normalisasi hubungan negara-negara Arab dan Islam dengan Israel, sebelum Israel mengakhiri pendudukannya di Tepi Barat serta Jalur Gaza dan sebelum negara Palestina merdeka berdiri.

Sumber: Anadolu 

Baca juga: Hikmahanto sebut lima hal terkait kegaduhan hubungan Indonesia-Israel

Baca juga: Menlu: Indonesia tak ada niat buka hubungan diplomatik dengan Israel

Baca juga: MPR dukung menlu tolak propaganda normalisasi Indonesia-Israel


 

Menlu Retno: Indonesia tidak berniat buka hubungan dengan Israel

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar