Satgas : Vaksin COVID-19 gratis di RI bantu kekebalan komunitas global

Satgas : Vaksin COVID-19 gratis di RI bantu kekebalan komunitas global

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito memberi keterangan pers perkembangan penanganan COVID-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/12/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. ANTARA/Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional/pri.

Kerja sama antara seluruh pihak dari pemerintah pusat hingga daerah dibutuhkan untuk memastikan vaksinasi berjalan dengan baik.
Jakarta (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 secara gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia akan membantu menciptakan kekebalan komunitas global mengingat Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, kata Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

“Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, maka pemberian vaksin secara gratis kepada masyarakat dapat berkontribusi besar dalam menciptakan kekebalan komunitas secara global," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi pers di Jakarta, Kamis.

Wiku mengatakan kerja sama antara seluruh pihak dari pemerintah pusat hingga daerah dibutuhkan untuk memastikan vaksinasi berjalan dengan baik. Dia juga meminta pemerintah daerah dan seluruh instansi untuk menjadikan vaksinasi sebagai program prioritas daerah. Di samping itu, sosialisasi vaksin yang efektif juga diperlukan agar masyarakat memahami fungsi dan efektifitas vaksin.

 

"Hal ini langkah penting yang dicapai pemerintah dalam memberikan perlindungan warga negara demi tercapainya kekebalan kolektif. Semua instansi, pemerintah pusat dan daerah juga perlu menindaklanjuti program vaksinasi agar menjadi program prioritas sehingga dapat berjalan dengan baik," tuturnya.

Meski begitu, Wiku menuturkan bahwa pemerintah tidak akan terburu-buru untuk segera memulai program vaksinasi. Pemerintah akan memastikan vaksin aman dan berkhasiat bagi masyarakat Indonesia. Vaksin yang akan digunakan harus melewati berbagai tahapan ilmiah dan sesuai dengan prosedur kesehatan.

"Pemerintah tidak akan terburu-buru dalam menyelenggarakan program vaksinasi. Program vaksinasi akan diselenggarakan secara bertanggung jawab dan mematuhi tahapan-tahapan pengembangan vaksin, sehingga vaksin yang akan digunakan betul-betul aman dan berkhasiat bagi masyarakat," ujarnya.

Wiku memastikan vaksin COVID-19 yang nantinya digunakan pemerintah adalah yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

"Penting diingat jika nanti program vaksinasi akan dijalankan pada tahun 2021, pemerintah memastikan vaksin yang digunakan adalah vaksin yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Masyarakat harus berperan akhiri pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar