Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (17/12) kemarin, mulai dari Angkasa Pura II turunkan tarif tes COVID-19 di Airport Health Center hingga Bank Dunia sebut Kebijakan kesehatan publik dan ekonomi kunci pemulihan RI.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Angkasa Pura II turunkan tarif tes COVID-19 di Airport Health Center

PT Angkasa Pura II (Persero) menurunkan tarif pengetesan COVID-19 di Airport Health Center sebagai upaya mendukung penerbangan sehat.

Tarif baru itu diberlakukan mulai Jumat (18/12/2020) di bandara-bandara PT Angkasa Pura II, seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Husein Sastranegara.

2. Indonesia-AstraZeneca tanam 20 juta pohon dukung lingkungan sehat

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama AstraZeneca (AZ) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) akan menanam 20 juta pohon hingga akhir 2025 untuk mendukung terciptanya lingkungan yang sehat dan meningkatkan sosial ekonomi dan mata pencaharian masyarakat Indonesia.

Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Maritim dan Investasi Nani Hendiarti dan Presiden Direktur PT AstraZeneca Indonesia Chon Se Wan di Jakarta.

3. Produsen pala asal Belanda akan investasi Rp4,2 triliun di Papua Barat

Produsen pala terbesar dunia asal Belanda Verstegen Spices & Sauces B.V (Verstegen) berencana investasi senilai Rp4,2 triliun untuk mengembangkan industri pala di Indonesia, khususnya di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Rencana investasi yang akan memberdayakan 50.000 petani pala itu merupakan buah dari kunjungan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia pada November lalu.

4. Luhut: Indonesia berpotensi besar jadi produsen kendaraan listrik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali menegaskan Indonesia mempunyai potensi besar untuk menjadi produsen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Potensi yang besar itu, lanjut dia, juga telah dilirik oleh banyak investor baik asing maupun dalam negeri.

5. Bank Dunia: Kebijakan kesehatan publik dan ekonomi kunci pemulihan RI

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu Kahkonen menyatakan kebijakan mengenai kesehatan publik dan perekonomian yang solid menjadi kunci terciptanya pemulihan Indonesia dari dampak pandemi COVID-19.

“Kebijakan kesehatan publik dan perekonomian yang solid akan menjadi kunci untuk terjadi upaya pemulihan,” katanya dalam Indonesia Economy Prospects-December 2020 Edition di Jakarta.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020