Dubes RI dorong diaspora dukung promosi Indonesia di Inggris, Irlandia

Dubes RI dorong diaspora dukung promosi Indonesia di Inggris, Irlandia

Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia Desra Percaya. ANTARA/HO-Kemlu RI/am.

Jangan pernah lupa bahwa KBRI London merupakan rumah bangsa yang selalu terbuka bagi masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia Desra Percaya mendorong diaspora Indonesia untuk mendukung promosi budaya dan produk Indonesia di Inggris dan Irlandia.

Salah satu agenda kerja pertama yang dilakukan Dubes Desra setibanya di London adalah mengadakan pertemuan dengan perwakilan ormas Indonesia yang berada di Inggris dan Irlandia.

Pertemuan itu bertujuan untuk memetakan sinergi ormas sebagai upaya promosi Indonesia, demikian disampaikan KBRI London dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Jangan pernah lupa bahwa KBRI London merupakan rumah bangsa yang selalu terbuka bagi masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia," kata Dubes Desra Percaya dalam acara pertemuan virtual dengan perwakilan ormas pada Rabu (16/12).

Baca juga: KBRI London imbau WNI patuhi protokol kesehatan
Baca juga: KBRI London ajak mahasiswa di Inggris dan Irlandia bangun bangsa


Menurut Desra, keberadaan 26 ormas Indonesia di Inggris dan Irlandia merupakan aset bangsa yang perlu diperkuat sebagai soft power dalam menjalankan diplomasi.

Selain itu, Dubes Desra juga menyampaikan imbauan kepada ormas-ormas Indonesia tersebut agar selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

Dubes Desra berkomitmen bahwa KBRI London akan hadir untuk seluruh masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia serta berupaya terus meningkatkan pelayanannya.

Perwakilan ormas Indonesia yang mengikuti pertemuan virtual tersebut menyampaikan apresiasi untuk kinerja KBRI London yang selalu memberikan dukungan bagi pelaksanaan program kegiatan, dan menyatakan ingin terus berkontribusi untuk diplomasi dan upaya promosi Indonesia serta penguatan sinergi dengan KBRI London.

"Mari kita tingkatkan budaya dialog, sinergi dan toleransi untuk dapat berkontribusi nyata bagi tanah air, walaupun kita berada di luar negeri," ujar Dubes Desra kepada ormas dalam pertemuan virtual tersebut.

Spektrum bidang kegiatan ormas Indonesia di Inggris dan Irlandia sangat beragam, yang mencakup aspek keagamaan, profesional di berbagai bidang, sosial budaya dan sebaran wilayah.

Keberagaman masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia dinilai sebagai miniatur Indonesia di luar negeri.

KBRI London senantiasa bersinergi dengan ormas untuk merefleksikan budaya dialog dan toleransi Indonesia.

Pihak KBRI London pun berharap masyarakat Indonesia dapat menjadi medium dalam upaya membangun citra positif Indonesia yang pada gilirannya memberikan dasar kondusif bagi kerja sama di berbagai bidang.

Baca juga: Dubes Desra Percaya akan perkuat kemitraan ekonomi RI-Inggris
Baca juga: Indonesia angkat isu perlindungan ABK di Samudra Hindia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar