Liga 1 Indonesia

Dapat jatah Piala AFC, Bali United ingin segera lakukan persiapan

Dapat jatah Piala AFC, Bali United ingin segera lakukan persiapan

PSSI memastikan dua klub Liga 1 Indonesia Persija dan Bali United menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021 (ANTARA/Juns)

Latihan dan persiapan yang matang harus segera dilakukan tim
Jakarta (ANTARA) - Bali United ingin segera mempersiapkan diri seiring dengan keputusan PSSI yang memberikan jatah bagi tim berjuluk Serdadu Tridatu itu sebagai perwakilan Indonesia di ajang Piala AFC 2021 bersama Persija Jakarta.

"Latihan dan persiapan yang matang harus segera dilakukan tim," ujar pelatih Bali United Stefano Cugurra "Teco" dikutip dari laman resmi klub dari Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, PSSI telah memutuskan perwakilan Indonesia berdasar hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) kepada Bali United dan Persija Jakarta untuk tampil di Piala AFC 2021.

Baca juga: PSSI: Persija dan Bali United wakil Indonesia di Piala AFC 2021

Keputusan itu disepakati karena Bali United adalah juara Liga 1 2019, sedangkan Persija runner up Piala Indonesia 2018-2019. Seharusnya tim yang berhak mendampingi Bali adalah PSM Makassar sebagai juara Piala Indonesia, akan tetapi mereka tidak memenuhi persyaratan yakni lisensi klub profesional AFC.

Bagi pelatih asal Brazil itu tampil di Piala AFC adalah kesempatan kedua selama membesut Ilija Spasojevic dan kawan-kawan. Ia pun telah memasang target yang tidak muluk-muluk demi mengangkat performa tim bisa berprestasi di ajang Internasional tersebut.

"Kabar yang bagus bahwa Bali United kembali menjadi wakil di Piala AFC 2021. Target awal bisa lolos dari babak penyisihan grup sebelum fokus babak selanjutnya," kata dia.

Rencananya, kompetisi Piala AFC 2021 akan menerapkan sistem Home Turnamen. Dengan begitu, salah satu peserta di babak penyisihan grup akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Baca juga: Bali United harap bisa kembali tampil di Piala AFC 2021

Ia berharap jika skema itu jadi diterapkan, maka pemilihan lokasi penyelenggaraan harus memenuhi sejumlah aspek demi keamanan dan kenyamanan klub baik saat bertanding maupun berlatih.

"Saya melihat negara yang pantas adalah yang memiliki stadium, hotel dan fasilitas pendukung latihan yang bagus. Selain itu negara yang dipilih juga bisa menerapkan standar protokol kesehatan agar tim bermain dengan tenang dan aman," kata mantan pelatih Persija ini.

Rencananya, tim Serdadu Tridatu akan memulai kembali latihan Januari mendatang demi memiliki persiapan yang matang. Piala AFC 2021 direncanakan bakal dimulai pertengahan tahun setelah kompetisi Liga 1 tahun depan dilaksanakan.

Baca juga: Liga Champions Asia dan Piala AFC 2021 diusulkan tersentralisasi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Berangkat ke Sleman, Persib Bandung boyong 23 pemain

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar