Komitmen kami adalah mengembalikan harga diri Kabupaten Bekasi, harga diri masyarakat Kabupaten Bekasi yang hilang saat PORDA Jabar XIII/2018
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi memasang target juara umum Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Jawa Barat XIV/2022 dengan unjuk prestasi dan mendulang medali pada babak kualifikasi tahun depan.

"Komitmen kami adalah mengembalikan harga diri Kabupaten Bekasi, harga diri masyarakat Kabupaten Bekasi yang hilang saat PORDA Jabar XIII/2018," kata Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan saat pembukaan Rapat Anggota Tahunan 2020 di Hotel Putri Gunung Kabupaten Bandung Barat, Jumat.

Reza mengatakan fokus KONI Kabupaten Bekasi saat ini adalah unjuk prestasi di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan pada babak kualifikasi.

"Bukan kegiatan-kegiatan seremoni tapi tunjukkan prestasi lewat kompetisi yang menghasilkan medali. Kita tidak berhasil jadi pengurus olahraga jika tidak mampu mencetak prestasi. Satu-satunya organisasi yang indikator keberhasilannya jelas adalah KONI yakni prestasi," katanya.

Dia mengaku dukungan pemerintah daerah diwujudkan melalui optimalisasi pembinaan atlet untuk tetap produktif, menjaga kemampuan, serta mengasah keahlian demi mencapai prestasi tertinggi meski di tengah pandemi COVID-19.

"Tidak ada kata lain, 2022 adalah tahun kebangkitan dan kejayaan. Hanya satu tujuan, bersama KONI mencapai prestasi tertinggi, bendera Kabupaten Bekasi berkibar di seluruh arena PORDA. Insan olahraga jangan pernah takut oleh virus corona karena olahraga adalah kuncinya," kata Reza Luthfi Hasan.

Ketua Harian KONI Jawa Barat Budiana mengapresiasi kinerja KONI Kabupaten Bekasi dengan tanggung jawab besar di pundak para pengurusnya.

"Salut atas tanggung jawab yang besar. Pembinaan prestasi tidak akan berjalan dengan baik jika organisasi tidak berjalan dengan baik pula. Kabupaten Bekasi sudah bisa membuktikan. Silakan menakar sesuai tema untuk merealisasikan target," katanya.

Seperti ucapan Bung Karno, kata dia, "berdiri di atas kaki sendiri", Budiana optimistis tradisi menjaga prestasi bagi KONI Kabupaten Bekasi dapat terwujud melalui pembinaan terukur kepada bibit atlet lokal potensial.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kabupaten Bekasi Berdje Rumadjid mengaku pesaing ketat Kabupaten Bekasi dalam perebutan juara umum Porda Jabar 2022 masih dipegang Kota Bandung.

"Tren saat ini, Kabupaten Bekasi masih bersaing dengan Kota Bandung dan di bawahnya ada KBB (Kabupaten Bandung Barat), Kota Bekasi, serta Bogor. Tapi kita tetap mencari formula agar persaingan itu bisa kita menangkan," katanya.

Menurut dia KONI Kabupaten Bekasi memiliki keunggulan dalam segi pembinaan atlet yakni kebijakan yang mampu meningkatkan prestasi atlet seperti intensitas latihan yang terukur serta kelancaran uang pembinaan.

"Dari dua poin itu saja kita bisa melihat perkembangan atlet di Jawa Barat. Selebihnya di olahraga itu terukur, misalnya atletik. Sudah lahir sejumlah atlet yang memiliki level nasional. Lalu di renang, dan ada beberapa cabang olahraga lainnya. Saya yakin meniti tradisi juara dapat terwujud di Porda Jabar 2022 nanti," demikian Berdje Rumadjid.

PORDA Jabar 2022 itu sendiri telah diputuskan digelar di tiga daerah di Jawa Barat, yakni Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang.

Baca juga: 200 pelaku olahraga Bekasi jalani rapid test Covid-19

Baca juga: Membidik emas di Negeri Sakura

Baca juga: Merajut asa, menata, meniti tradisi juara di masa pandemi



 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020