London (ANTARA) - Keberadaan 26 ormas Indonesia di Inggris dan Irlandia sebagai diaspora merupakan aset bangsa yang perlu diperkuat sebagai soft power dalam menjalankan diplomasi.

Hal itu disampaikan Dubes Desra Percaya dalam pertemuan virtual dengan perwakilan ormas yang ada di Inggris dan Irlandia, demikian Counsellor Pensosbud KBRI London Hartyo Harkomoyo kepada ANTARA London, Kamis waktu setempat.

Salah satu agenda kerja pertama yang dilakukan Dubes Desra setibanya di London mengadakan pertemuan dengan perwakilan ormas Indonesia yang berada di Inggris dan Irlandia.

Baca juga: Dubes RI dorong diaspora dukung promosi Indonesia di Inggris, Irlandia

Hartyo Harkomoyo mengatakan pertemuan bertujuan memetakan sinergi ormas dalam upaya promosi Indonesia.

“Jangan pernah lupa KBRI London merupakan rumah bangsa yang terbuka bagi masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia,” ujar Dubes Desra.

Ia juga mengimbau kepada ormas agar selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

Dikatakannya,  KBRI London berkomitmen selalu hadir untuk seluruh masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia serta berupaya terus meningkatkan pelayanannya.

Ormas mengapresiasi kinerja KBRI London memberikan dukungan bagi pelaksanaan program kegiatan dan ingin terus berkontribusi untuk diplomasi dan upaya promosi Indonesia serta penguatan sinergi dengan KBRI London di bawah kepemimpinan Dubes Desra.

Baca juga: SMA Diaspora implementasikan pelajar Pancasila melalui kepramukaan

“Mari kita tingkatkan budaya dialog, sinergi dan toleransi untuk dapat berkontribusi nyata bagi Tanah Air, walaupun kita berada di luar negeri.” ajak Dubes Desra dalam pertemuan virtual tersebut.

Spektrum bidang kegiatan ormas Indonesia di Inggris dan Irlandia sangat beragam, mencakup aspek keagamaan, profesional di berbagai bidang, sosial budaya dan sebaran wilayah.

Diharapkan masyarakat Indonesia dapat menjadi medium bagi upaya mendorong citra positif Indonesia yang pada gilirannya memberikan dasar kondusif bagi kerja sama di berbagai bidang.

Baca juga: Kisah diaspora Indonesia yang jadi pengasuh anak di London
Baca juga: Rektor IPB: Diaspora berperan dongkrak rangking universitas ke dunia
Baca juga: KJRI Frankfurt gelar kursus kebangsaan untuk anak diaspora Indonesia


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020