Kemarin, tes antigen hingga vaksinasi seluruh masyarakat

Kemarin, tes antigen hingga vaksinasi seluruh masyarakat

Salah satu peserta yang mengikuti tes cepat Antigen. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya untuk skrining COVID-19 pada perempuan terutama yang berusia lebih dari 50 tahun yang lebih berisiko. Bagi mereka yang nonreaktif dengan kontak erat atau bergejala akan langsung ditindaklanjuti dengan tes PCR. ANTARA/HO-Diskominfo Jateng.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews, mulai dari Sultan Yogyakarta mewajibkan pelaku perjalanan melakukan tes rapid atau tes usap antigen hingga Presiden Joko Widodo yang berharap seluruh masyarakat Indonesia mau divaksin.

1. Sultan Yogya wajibkan pelaku perjalanan rapid antigen atau swab

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X akan mewajibkan seluruh pelaku perjalanan yang memasuki wilayahnya mengantongi hasil rapid antigen atau tes usap (swab) PCR.

"Itu peraturan pemerintah ya, bagi mereka yang melaksanakan perjalanan di bulan Desember ini wajib untuk rapid, untuk swab," kata Sultan saat jumpa pers di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (18/12).

2. Banjir di Kolaka Utara mulai surut

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara menyampaikan banjir bandang yang terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, sejak Kamis (17/12), mulai surut.

Kepala BPBD Kabupaten Kolaka Utara Syamsuriani saat dihubungi via telepon selulernya, di Kendari, Jumat (18/12), mengatakan banjir yang terjadi di daerah itu disebabkan dua sungai meluap, yakni Sungai Batu Ganda di Kota Lasusua dan Sunagi Rante Angin di Kecamatan Rante Angin.

3. Pemulangan orangutan tandai 70 tahun hubungan diplomatik RI-Thailand

Pemulangan orangutan sumatera korban perdagangan satwa liar ilegal bertepatan dengan momentum peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Thailand.

"Pemulangan orangutan itu dijadikan salah satu tanda hubungan dan kerja sama yang baik antara Pemerintah RI dan Pemerintah Thailand dalam konservasi keanekaragaman hayati," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno secara daring di Jakarta, Kamis (17/12).

4. Tarif tertinggi tes cepat antigen ditetapkan Rp275 ribu

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan menetapkan tarif tertinggi tes cepat antigen swab untuk masyarakat sebesar Rp275 ribu untuk luar Pulau Jawa dan Rp250 ribu untuk Pulau Jawa.

"Dengan ini disampaikan bahwa dalam pelayanan pemeriksaan rapid test antigen swab oleh fasilitas kesehatan untuk memperhatikan hal sebagai berikut, batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antigen swab sebesar Rp250 ribu untuk Pulau Jawa, dan Rp275 ribu untuk di luar Pulau Jawa," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Azhar Jaya dalam konferensi pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat (18/12).

5. Presiden harap seluruh masyarakat mau divaksin

Presiden Joko Widodo berharap agar seluruh masyarakat Indonesia mau untuk disuntik vaksin COVID-19.

"Saya tanya sekali lagi siapa yang di sini mau divaksin? Tadi kok gak mau? Saya harapkan semua mau, tidak ada yang menolak," kata Presiden Joko Widodo di teras samping Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (18/12). 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Puluhan wartawan Madiun jalani tes cepat antigen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar