Kaleidoskop 2020

17 selebritas dermawan di tengah pandemi COVID-19

Oleh Lia Wanadriani Santosa

17 selebritas dermawan di tengah pandemi COVID-19

Para selebritas dermawan di tengah pandemi COVID-19 ANTARA/Instagram.com/tvxq.official/justinbieber/nadinelist/vancityreynolds.

Jakarta (ANTARA) - Para selebritas baik di tanah air maupun luar negeri ikut serta membantu masyarakat dan pemerintah di daerahnya memerangi COVID-19 yang sudah menjadi pandemi sembilan bulan terakhir.

Sebagian berdonasi dalam bentuk uang, sementara yang lain memilih alat-alat kesehatan yang dibutuhkan masyarakat selama pandemi, di antaranya masker. Ada juga sosok yang fokus menggalang dana untuk orang-orang papa.

Berikut ANTARA rangkup beberapa nama sosok selebritas yang dermawan itu:

Baca juga: Sepatu Ariel Noah laku Rp30 juta dalam lelang amal

Melanie Subono
Penyanyi, penulis lagu sekaligus putri promotor musik Adrie Subono ini melakukan penggalangan dana bagi orang-orang di seluruh pelosok tanah air yang membutuhkan bantuan melalui Rumah Harapan Melanie.

Bantuan yang dia terima dari para donatur dibelikan masker, sembako, obat-obatan, mainan anak, barang kebutuhan lansia dan bayi hingga makanan kucing untuk orang-orang termasuk di Papua.
 


Yunho TVXQ
Salah satu personel duo idola K-pop TVXQ ini mendonasikan sebanyak 50.000 masker untuk para pekerja di fasilitas kesejahteraan sosial dan kelompok rentan terkena COVID-19 di kampung halamannya, Kota Gwangju, Korea Selatan. Yunho berharap bantuannya ini bisa membantu warga di kampung halamannya memerangi COVID-19.

Baca juga: Yunho TVXQ donasikan 50.000 masker ke kampung halamannya

Justin bieber
Penyanyi Justin Bieber yang beberapa waktu lalu meluncurkan lagu Natal "Holy" versi baru bersama paduan suara The Lewisham dan Greenwich NHS serta penyanyi rap Chance the Rapper dengan mendonasikan keuntungan dari lagu untuk membantu badan amal NHS yang dikelola pemerintah Inggris mengatasi pandemi virus corona.

Hal ini dia lakukan sekaligus sebagai pengakuan atas upaya luar biasa dari para petugas medis yang selalu berada di garis depan selama pandemi COVID-19.

Ini bukan donasi pertama Bieber selama pandemi COVID-19. Sebelumnya, dia mendonasikan keuntungan "Stuck With U", single bersama Ariana Grande kepada First Responders Children's Foundation, sebuah badan amal yang mendukung pekerja garis depan di Amerika Serikat.

Baca juga: Justin Bieber kembali berdonasi untuk atasi pandemi COVID-19

Eunhyuk Super Junior
Eunhyuk, salah satu personel grup idola K-pop Super Junior memberikan donasi 100 juta won atau sekitar Rp.1,1 miliar melalui asosiasi yang berfokus pada bantuan korban bencana di Korea Selatan untuk pencegahan COVID-19.

Salah satu alasan dia melakukan ini karena sang ibunda yang pernah menderita penyakit paru-paru. Eunhyuk mengaku khawatir orang-orang rentan seperti ibunya terkena penyakit akibat virus SARS-CoV-2. Dia berharap tidak semakin banyak korban yang terkena COVID-19.

Tak hanya Eunhyuk, grupnya bernaung, Super Junior sebelumnya menyumbangkan 10.000 masker untuk orang-orang di fasilitas kesejahteraan di Korea Selatan.

Baca juga: Alasan di balik donasi Eunhyuk Super Junior untuk pencegahan COVID-19

Song Ye-jin
Salah satu pemain serial drama "Crash Landing on You" itu menyumbangkan 100 juta won atau setara Rp1,1 miliar melalui Community Chest of Korea untuk memerangi COVID-19 di Daegu, Korea Selatan.

Dia berharap bantuan yang akan digunakan membeli pasokan medis dan hal-hal lain untuk mencegah penyebaran COVID-19 itu bisa menolong masyarakat berpenghasilan rendah yang sangat membutuhkan pertolongan.

Baca juga: Son Ye-jin sumbang 100 juta won untuk perangi corona di Daegu

Nadine Chandrawinata
Nadine bersama suaminya, Dimas Anggara melelang barang-barang yang sebenarnya menyimpan memori untuk masyarakat tidak mampu. Hasil lelang dia donasi melalui Sea Soldier untuk dikonversikan menjadi pakaian hazmat, masker, sarung tangan, dan makanan kepada yang membutuhkan.⁣
 


Gong Yoo
Aktor Korea Selatan Gong Yoo menyumbangkan 100 juta won melalui Community Chest of Korea untuk mendukung pemerintah setempat menyediakan fasilitas karantina, staf medis yang menjadi garda terdepan pencegahan penyebaran dan penanganan COVID-19, masyarakat berpenghasilan rendah dan kurang beruntung secara sosial.


Lady Gaga
Penyanyi berusia 34 tahun itu bersama dengan organisasi festival musik Global Citizen menggalang dana melalui konser virtual pada 18 April lalu yang juga menampilkan Billie Eilish, Lizzo, Kacey Musgraves, dan bintang lainnya. Dana yang terkumpul 35 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp. 494 miliar itu digunakan untuk mendukung tenaga medis melawan COVID-19 melalui Organisasi Kesehatan Dunia.

Baca juga: Lamborghini Lady Gaga jadi hadiah kampanye amal

Suzy dan Hyeri Girl's Day
Aktris Bae Suzy mendonasikan 100 juta won melalui lembaga swadaya masyarakat Good Neighbors untuk keluarga berpenghasilan rendah di negaranya. Donasi dalam jumlah yang sama juga diberikan Hyeri, salah satu personel grup idola K-pop Girl's Day untuk anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah dan anak-anak yang dibesarkan oleh kakek-neneknya di Daegu, Korea Selatan.

Kim Woo-bin
Aktor Kim Woo-bin melalui Community Chest of Korea menyumbangkan dana 100 juta won atau setara Rp1,1 miliar untuk pencegahan virus corona bagi rumah tangga yang kurang beruntung secara sosial.

Baca juga: Gong Yoo hingga Kim Woo-bin sumbang dana untuk cegah virus corona

Rachel Vennya
Selebragm Rachel Vennya melalui laman Kitabisa.com menggalang dana Rp. 2 miliar untuk membantu melindungi orang-orang di sektor kesehatan dan informal dari COVID-19.

Uang yang terkumpul digunakan untuk menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik dan alat perlindungan diri untuk tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan COVID-19.

Baca juga: Nikita Mirzani dan Rachel Vennya galang dana lawan corona

Barbie Hsu hingga Chen Xiao
Selebritas asal China dan Taiwan membantu memerangi penyebaran virus corona di Wuhan, salah satunya Barbie Hsu yaang mendonasikan 10.000 masker. Selain Hsu, ada juga aktris Sun Li, Michelle Chen dan Chen Xiao yang mengadakan kegiatan amal untuk membantu menyediakan peralatan medis untuk melawan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Barbie Hsu dan sederet selebritas ikut perangi virus corona

Rihanna
Penyanyi Rihanna melalui Clara Lionel Foundation yang didirikan pada tahun 2012 mendonasikan 5 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp.70 miliar melalui berbagai lembaga amal termasuk Dana Respons Solidaritas COVID-19 Organisasi Kesehatan Dunia untuk memerangi COVID-19.

Leonardo DiCaprio
Sang aktor bersama filantropis Laurene Powell Jobs meluncurkan America's Food Fund, sebuah badan amal yang dibentuk untuk membantu keluarga berpenghasilan rendah, orang tua, mereka yang menghadapi kehilangan pekerjaan, dan anak-anak yang bergantung pada makanan sekolah. Badan amal ini telah mengumpulkan setidaknya 12 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp169 miliar untuk membantu mereka dan komunitas yang menderita pada 3 April lalu.

Baca juga: Rihanna dan Jay-Z sumbang Rp32 miliar untuk tes corona gratis

Oprah Winfrey
Pembawa acara Oprah Winfrey menyumbangkan 10 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp141 miliar melalui America'S Food Fund untuk mereka yang membutuhkan di tengah pandemi COVID-19.

Blake Lively dan Ryan Reynolds
Blake Lively dan Reynolds adalah dua dari selebritas pertama yang secara terbuka berkontribusi untuk memerangi COVID-19, dengan mendonasikan 1 juta dolar Amerika Serikat pada pertengahan Maret lalu.

Halsey
Penyanyi Halsey membeli 100.000 masker untuk para pekerja di bidang medis di beberapa pusat kesehatan. Dia mengaku kagum pada sosok garda terdepan dalam perang melawan corona itu karena tidak mementingkan diri sendiri dan mampu berempati pada orang lain.

Baca juga: Mengincar Leonardo DiCaprio jadi duta promosi Labuhan Bajo

Baca juga: Halsey tertembak peluru karet saat aksi George Floyd

Oleh Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar