Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat telah terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Lampung sebanyak 84 orang sehingga total kumulatif ada 5.304 kasus.

"Ada penambahan 84 kasus positif yang didapat dari sembilan kabupaten/kota di Provinsi Lampung," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, melalui keterangan tertulis di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan dari sembilan kabupaten/kota tersebut terinci ada 34 orang asal Kota Bandarlampung, 15 orang dari Kabupaten Tanggamus, 10 orang dari Lampung Tengah, 8 orang dari Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: 4.741 warga Batam positif COVID-19

"Selanjutnya ada 7 orang asal Kota Metro, 4 orang dari Kabupaten Pringsewu, dan masing-masing 2 orang asal Lampung Timur, Tulang Bawang dan Pesawaran," ujarnya.

Menurutnya dari total 84 kasus konfirmasi positif COVID-19 ada 24 orang yang merupakan hasil penelusuran kasus serta 60 orang lainnya merupakan kasus baru.

"Selanjutnya diketahui pula ada 50 orang tengah menjalani isolasi mandiri karena tidak bergejala serta 34 orang dalam perawatan di rumah sakit karena dalam kategori bergejala," ucapnya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pamekasan bertambah 25 orang

Ia mengatakan selain terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif terdapat pula penambahan kasus suspek sebanyak 37 orang sehingga total ada 341 kasus.

"Masyarakat diharapkan dapat terus menerapkan protokol kesehatan yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak untuk memutus mata rantai persebaran COVID-19," katanya lagi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada 18 Desember 2020 dari total 430 spesimen yang diperiksa ada 84 spesimen yang dinyatakan positif COVID-19, serta ada 566 spesimen yang akan diuji dengan jumlah 314 spesimen baru dan 252 spesimen merupakan pemeriksaan lanjutan meliputi uji kedua ataupun ketiga.

Baca juga: Gugus Tugas: Kenaikan kasus positif COVID-19 tertinggi di Sulsel
Baca juga: Rektor Itera umumkan positif tertular COVID-19
Baca juga: Kasus COVID-19 di Mukomuko bertambah 22 orang

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020