Pemkab Purwakarta siapkan 30 hektare untuk pengembangan bawang merah

Pemkab Purwakarta siapkan 30 hektare untuk pengembangan bawang merah

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kedua dari kiri) meninjau tanaman bawang merah. ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta

Uji coba tanam bawang merah sudah kita lakukan di laboratorium pertanian Kebon Ambu, di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes. Hasilnya cukup menggembirakan, kita anggap berhasil uji coba itu
Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan lahan seluas 30 hektare untuk pengembangan bawang merah.

"Lahan yang kita siapkan berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bojong," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk melancarkan pengembangan komoditas tersebut, pemkab menggandeng pihak swasta, yakni PT Ewindo, untuk melakukan garapan lahan pertanian seluas 30 hektare tersebut.

Bupati mengaku sudah melakukan uji coba menanam tanaman bawang merah di daerah Purwakarta. Hasilnya cukup bagus dan ternyata bawang merah bisa tumbuh subur di Purwakarta.

"Uji coba tanam bawang merah sudah kita lakukan di laboratorium pertanian Kebon Ambu, di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes. Hasilnya cukup menggembirakan, kita anggap berhasil uji coba itu," kata dia.

Dikatakannya, laboratorium pertanian Kebon Ambu itu luasnya hanya sekitar 6 hektare. Diakui luas lahannya itu masih kurang. Sehingga pihaknya akan memanfaatkan lahan-lahan tidur di wilayah Purwakarta untuk pengembangan bawang merah.

"Sudah ada, dan sudah kita siapkan lahan seluas 30 hektare di wilayah Kecamatan Bojong untuk pengembangan komoditas bawang merah itu," kata Anne.

Baca juga: Kementan dukung Purwakarta tanam padi gogo di lahan eks tebangan

Baca juga: Jaga stabilitas harga, Bantul fasilitasi lelang bawang merah

Baca juga: Balai Karantina Pertanian dan PT CMS ekspor bawang merah ke Thailand

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menyelamatkan Baarack dari gumpalan bulu 35kg

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar