Liga Belanda

Groningen mantap pada posisi lima setelah lumat Sparta 3-2

Groningen mantap pada posisi lima setelah lumat Sparta 3-2

Foto arsip 1 Agustus 2020 ketika FC Groningen menghadapi Almelo di Groningen, Belanda. FC Groningen memantapkan diri pada posisi lima klasemen Liga Belanda setelah melumat tuan rumah Sparta Rotterdam 3-2 di Stadion Sparta, Sabtu. (AFP/COR LASKER)

Jakarta (ANTARA) - FC Groningen memantapkan diri pada posisi lima klasemen Liga Belanda setelah melumat tuan rumah Sparta Rotterdam 3-2 di Stadion Sparta, Sabtu.

Sepasang gol dari Jorgen Larsen yang menyempurnakan gol pembuka Wessen Dammers tak bisa dikejar tuan rumah yang mencetak dua gol melalui Lennant Thy serta Wouter Burger, demikian Liga Belanda dalam lamannya.

Kemenangan ini membuat Groningen yang mengumpulkan 26 poin bersaing dengan Ajax, PSV, Feyenoord, dan Vitesse memperebutkan puncak klasemen.

Mereka kini hanya terpaut empat poin dari pemimpin klasemen Ajax dan satu poin dari PSV yang menduduki posisi kedua yang baru bertanding kemudian. Sparta tetap tertahan di papan tengah dengan mengumpulkan 15 poin.

Bek Groningen Wessel Dammers membuka keunggulan pada menit ke-15 setelah memanfaatkan  kemelut di depan gawang Sparta yang diawali oleh tendangan sudut.

Tuan rumah yang sebelumnya tampil menekan baru menyamakan kedudukan pada pertengahan babak kedua. Penyerang andalan  Lennant Thy mencocor bola setelah menerima umpan silang manis dari Dirk Abels.

Baca juga: Feyenoord umumkan Arne Slot pengganti Dick Advocaat di musim depan

Pada babak kedua, Jorgen Larsen membawa tim tamu kembali memimpin. Berawal dari umpan silang terukur Mohamed El Hankouri yang diselesaikan oleh sontekan Larsen.

Larsen membuat Groningen memperlebar keunggulan menjadi 3-1 melalui serangan balik cepat. Hampir seperti gol kedua, umpan silang Gabriel Gudmundsson diselesaikan Larsen lewat sontekan.

Setelah itu Sparta mengendalikan permainan dan memaksa tim tamu mundur bertahan.

Kerja keras Sparta terbayar pada menit ke-80 lewat aksi Wouten Burger. Namun gol itu tak  menyelamatkan Sparta dari kekalahan.

Sparta akan bertandang ke kandang FC Twente Selasa pekan depan, sedangkan Groningen menjamu Heracles Almelo sehari setelah itu.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: PSV dan Feyenoord tempel ketat Ajax

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar