Jakarta (ANTARA) - Cara terbaik untuk membuat makanan bertahan lebih lama adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es, namun ternyata tidak semuanya bisa awet saat berada di kulkas.

Ada beberapa makanan akan mati lebih cepat, kehilangan rasa dan teksturnya, atau menjadi hitam begitu saja, jika disimpan di lemari es. Berikut adalah makanan yang justru akan berubah saat masuk dalam lemari es menurut Independent, Minggu.

Tomat
Memasukkan tomat ke dalam lemari es akan mencegahnya matang dan mematikan rasanya. Menempatkan tomat di lemari es mengubah struktur kimianya dan mengurangi jumlah senyawa volatil dalam buah, yang memengaruhi rasanya.

Tekstur dan warna tomat juga dapat dipengaruhi oleh suhu dingin dan "luka dingin" yang disebabkan oleh suhu di bawah 5 derajat selsius dapat membuat buah lunak dan berlubang di permukaan.

Kentang
Kentang perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering, baik di dalam kertas atau kantong berlubang agar tetap kering tetapi tidak di lemari es. Menyimpannya di lemari es dapat mengubah pati kentang menjadi gula, yang akan memengaruhi teksturnya dan menyebabkannya berubah warna dan terasa manis setelah dimasak.

Baca juga: Tips menyimpan makanan

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020