Jakarta (ANTARA) - Bocoran seri Galaxy S21 tampaknya mengungkap beberapa spesifikasi, salah satunya kamera Galaxy S21 Ultra yang dilaporkan akan menawarkan enam kamera.

Dikutip dari The Verge, Minggu, Galaxy S21 Ultra akan dibekali kamera telefoto 3x dan 10x, masing-masing panjang fokus setara 72mm dan 240mm, keduanya dengan stabilisasi gambar optik.

Baca juga: Samsung rilis Galaxy S21 pertengahan Januari 2021

Konfigurasi kamera tersebut merupakan tambahan pada sensor belakang S20 Ultra, sedangkan lensa 10x S21 dilaporkan akan menggunakan desain optik terlipat seperti pada kamera telefoto S20.

Sementara, kamera utama 108MP mendapatkan lensa setara 24mm, sedikit lebih besar dari pendahulunya. Lensa tersebut juga akan mendapatkan autofokus dengan bantuan laser -- sesuatu yang tidak ditawarkan S20 Ultra, namun kemudian diperkenalkan pada Note 20 Ultra.

Lebih dari itu, meskipun di atas kertas sensor kamera utama memiliki kemiripan dengan generasi terakhir, sensor ini merupakan sensor baru yang seharusnya menawarkan kualitas gambar yang lebih baik daripada sebelumnya.

Samsung semakin banyak menggunakan sensor buatan sendiri daripada mengambil dari Sony, dan menjadi lebih awal untuk mengadopsi kamera lensa ganda dan tiga lensa pada perangkatnya.

Galaxy S21 Ultra juga dilaporkan akan menawarkan perekaman video 8K.

Ada beberapa detail penting yang tidak terkait dengan kamera. Spesifikasi yang bocor mengonfirmasi bahwa Galaxy S21 Ultra akan mengusung layar 6,8 inci dengan kecepatan refresh rate hingga 120Hz. Perangkat tersebut juga mendukung S Pen, yang akan dijual terpisah.

Samsung juga akan mengikuti jejak Apple dengan mengirimkan perangkat S21 tanpa adapter pengisi daya di dalam kotak.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu belum mengumumkan tanggal peluncuran untuk seri Galaxy S21, namun kabarnya perangkat tersebut akan diperkenalkan pada 14 Januari 2021, lebih awal dari pendahulunya yang biasa meluncur pada bulan Februari.


Baca juga: Seperti iPhone 12, Galaxy S21 bakal dijual tanpa charger?

Baca juga: Galaxy S21 mungkin lebih murah dari S20

Baca juga: Samsung Galaxy S21 akan dapat dibuka dengan Bixby Voice

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020