Almarhum PX terkonfirmasi positif COVID-19, meninggal dunia di ruang ICU RSSI pada Minggu (20/12) Jam 07.25 WIB
Pangkalan Bun, Kalteng (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat , Kalimantan Tengah Marwoto yang sedang menjalani perawatan akibat terjangkit positif COVID-19 meninggal dunia, Minggu pagi.

Kabar duka tersebut disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kotawaringin Barat Syahruni, Minggu, melalui pesan singkat yang dibagikannya ke grup WhatsApp Prokom Pemkab Kobar  dan media massa di Pangkalan Bun, Minggu.

"Almarhum PX terkonfirmasi positif COVID-19, meninggal dunia di ruang ICU RSSI pada Minggu (20/12) Jam 07.25 WIB," kata Syahruni dalam pesan singkat tersebut.

Ia menjelaskan bahwa almarhum Marwoto yang akrab disapa PX masuk ke RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun pada 1 Desember 2020 pukul 19.10 WIB. Saat itu almarhum masuk dengan keluhan demam, mual, sesak napas, DX, COVID-19, pneumonia, decomcordis dan HT.

Syahruni menyebutkan, rencananya pemakaman jenazah dilakukan secara protokol penanganan COVID-19 di kompleks pemakaman umum Jalan Samari, Pangkalan Bun dan telah disetujui pihak keluarga.

Sementara itu Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Barat, Achmad Rois membenarkan kabar duka tersebut. Dia menyebutkan, sebelumnya dirinya sempat dihubungi almarhum melalui pesan singkat, saat almarhum pertama kali mengetahui dirinya terkonfirmasi COVID-19.

"Almarhum waktu itu minta saran tata laksana terkait penanganan dirinya sesuai protokol kesehatan. Selanjutnya, saya arahkan menghubungi Puskesmas Madurejo untuk mendapatkan pengawalan ke IGD RSSI Pangkalan Bun," katanya.

Ia menjelaskan setelah mendapatkan pemeriksaan dokter ahli, almarhum kemudian dirawat di ruang Isolasi RSSI Pangkalan Bun.

"Berdasarkan sumber dari RSSI Pangkalan Bun almarhum diketahui mempunyai penyakit penyerta atau komorbid di antaranya sesak napas dan pneumonia," katanya.

Kepergian almarhum menimbulkan duka mendalam bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat. Pemerintah daerah mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan COVID-19 karena potensinya masih sangat tinggi, demikian Achmad Rois.

Baca juga: Wakil Bupati Kotawaringin Barat-Kalteng sampaikan positif COVID-19

Baca juga: Satu keluarga di Kotawaringin Barat positif COVID-19

Baca juga: Pemkab Kotawaringin Barat tutup semua destinasi wisata

Baca juga: Satgas BUMN Kotawaringin Barat gencarkan kampanye penggunaan masker

Pewarta: Kasriadi/Hendri Gunawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020