Angka kesembuhan COVID-19 di Aceh terus bertambah

Angka kesembuhan COVID-19 di Aceh terus bertambah

Dokumentasi - Petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap mengevakuasi lima warga positif COVID-19 dari rumah mereka menuju RSUD Cut Meutia Aceh Utara di Lhokseumawe, Aceh, Senin (15/6/2020). ANTARA/Rahmad/wsj.

Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh melaporkan penambahan 11 warga yang dinyatakan sembuh pada Ahad ini, sehingga total mencapai 7.414 orang.

"Angka kesembuhan COVID-19 di Aceh terus bertambah. Hari ini 11 orang dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani (SAG) di Kota Banda Aceh, Ahad.

Jubir yang akrab disapa SAG itu mengatakan 11 pasien sembuh itu merupakan warga Kabupaten Aceh Barat tujuh orang, warga Kota Langsa tiga orang dan satu orang lainnya warga Pidie Jaya.

Sedangkan kasus baru positif COVID-19 per hari ini bertambah empat orang yakni warga Kabupaten Bireuen dua orang dan masing-masing satu orang warga Aceh Utara dan Aceh Timur.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Aceh menjadi 7.403 orang

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh siapkan 75 vaksinator vaksin COVID-19


"Alhamdulillah tidak ada penambahan penderita COVID-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir di Aceh," kata SAG

Dia menambahkan penularan virus yang menyerang paru-paru manusia itu masih terjadi di tengah masyarakat, sehingga warga diminta disiplin protokol kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga masing-masing.

Salah satu caranya, kata dia, tidak berpergian keluar daerah bila tidak mendesak. Apabila ingin berlibur maka sebaiknya dilakukan di rumah, berkumpul dengan keluarga.

Selain menghindari keluar daerah, warga diminta tetap menjalankan prosedur pencegahan COVID-19 secara individual dengan menjaga jarak dan tidak berkerumun, memakai masker dan mencuci tangan (3M).

“Perilaku 3M merupakan cara efektif mencegah penularan virus corona. Kebiasaan 3M itu harus terus dipraktikkan meski nanti sudah dimulai vaksinasi COVID-19 di Aceh,” katanya.

Secara akumulatif kasus COVID-19 di Tanah Rencong telah mencapai 8.573 orang, di antaranya 7.414 orang telah sembuh, 342 orang meninggal dunia dan 817 orang masih dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri.*

Baca juga: Satgas: Aceh masih rawat 132 orang pasien COVID-19 di RS

Baca juga: Pengamat apresiasi pemberian vaksin COVID-19 gratis bagi warga Aceh

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Leumang kuliner favorit berbuka puasa di Aceh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar