Bandarlampung (ANTARA) - Pesawat Boeing 737-900ER Lion Air kode penerbangan JT-173 yang terbang dari
Bandar Udara Hang Nadim, Batam tujuan Bandar Udara Radin Inten II Lampung
tergelincir saat berbelok arah menuju pelataran parkir.

"Setelah Boeing 737-900ER dalam kecepatan rendah dan proses untuk berbelok arah menuju pelataran parkir (apron), badan pesawat keluar dari landasan pacu yang membuatnya tergelincir," kata Corporate Communication Starategic Of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan yang diterima di, Bandarlampung, Ahad.

Ia mengatakan bahwa pesawat lepas landas dari dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim pukul 13.33 waktu setempat dan mendarat di Bandar Udara Radin Inten II pukul 14.45 WIB.

Baca juga: Pesawat Lion Air JT173 tergelincir di Bandara Radin Inten II

Baca juga: Pesawat Tariku tergelincir di Bayabiru Paniai


"Penerbangan Boieng 737-900ER JT-173 dari Bandara Hang Nadim ke Radin Inten II sudah kita lakukan sebagaimana operasional prosedur (SOP) serta menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Dia pun mengungkapkan, sebelum keberangkatan dan terjadinya peristiwa tersebut, telah memeriksa (pre-flight-chek) yang mana pesawat telah dinyatakan aman untuk terbang (safe for flight).

"Lion Air Penerbangan JT-173 membawa tujuh awak pesawat dan 125 penumpang dewasa, dua anak-anak serta satu balita," kata dia.

Seluruh awak dan penumpang di pesawat dalam kondisi selamat, serta sudah dilakukan proses evakuasi ke gedung terminal di Bandara Radin Inten II.

"Atas kejadian ini kami akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan pengelola Bandar Udara Radin Inten II dan instansi lain terkait proses evakuasi penumpang," kata dia.*

Baca juga: Jenazah pilot pesawat Golden Eagle tergelincir dimakamkan di Madiun

Baca juga: Mabes TNI AU selidki penyebab pesawat T50i Golden Eagle tergelincir


Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020