Liga 1 Indonesia

Persipura siapkan Stadion Mandala sebagai kandang untuk Piala AFC

Persipura siapkan Stadion Mandala sebagai kandang untuk Piala AFC

Dokumentasi - Pemain Persipura Jayapura berlatih di Batu, Jawa Timur, Kamis (27/8/2020). ANTARA/HO/Instagram@persipurapapua1963.

Jakarta (ANTARA) - Manajemen Persipura menyiapkan Stadion Mandala Jayapura, Papua sebagai kandang mereka untuk mengarungi Piala AFC 2021 setelah resmi terpilih sebagai perwakilan Indonesia mendampingi Bali United.

"Kami usulkan Stadion Mandala Jayapura sebagai home base Persipura untuk AFC Cup 2021," kata Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, penunjukan siapa yang berhak mewakili Indonesia di Piala AFC menuai polemik. PSSI awalnya menunjuk Bali United dan Persija Jakarta untuk tampil di kompetisi kedua di Asia tersebut.

Baca juga: PSSI: Persija dan Bali United wakil Indonesia di Piala AFC 2021
Baca juga: PSSI: Persipura gantikan Persija ke Piala AFC 2021


Alasan PSSI menunjuk Persija karena PSM Makassar yang menjadi jawara Piala Indonesia 2018 tidak memenuhi syarat klub profesional oleh AFC. Federasi lantas berpaling ke Persija yang merupakan runner up.

Akan tetapi keputusan PSSI itu justru keliru dengan aturan manual dari AFC perihal siapa yang bisa tampil pada ajang tersebut. Federasi lantas mengoreksi dan menunjuk Persipura Jayapura sebagai wakil yang sah mendampingi Bali United.

"PSSI sudah meminta maaf atas kesalahan usulan sebelumnya dan saya selaku ketua umum Persipura Jayapura menerima permintaan maaf PSSI. Semoga hal-hal seperti itu tidak terulang kembali," kata pria yang akrab dipanggil BTM itu.

Saat ini manajemen tim berjuluk Mutiara Hitam tengah menyiapkan dokumen administrasi yang dibutuhkan. Meski terhitung mepet, Persipura berharap bisa menyelesaikannya tepat waktu agar pengalaman terdahulu tidak jadi ikut di Piala AFC akibat telat didaftarkan PSSI, tidak terulang.

"Semoga tidak ada kendala karena mepetnya waktu. Saya sampaikan terima kasih atas dukungan publik sepakbola Indonesia atas perjuangan ini. Dukungan luar biasa kami dapatkan dari berbagai pihak, termasuk dukungan dan doa masyarakat Papua. Semua membuat kami kukuh untuk memperjuangkan hak kami sesuai aturan. Terima kasih banyak semuanya, salam damai selalu," pungkas BTM.

Baca juga: PSSI: Persipura gantikan Persija ke Piala AFC 2021
Baca juga: Presiden AFC ajak anggota bersabar hadapi dampak finansial pandemi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Perangi COVID-19, Boaz Solossa lelang jersey TSC 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar