Mamuju (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar memberikan bantuan kapal tradisional yang dikenal dengan perahu "Sandeq" kepada nelayan di Sulbar.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat COVID-19, pemerintah Sulbar memberikan bantuan kapal kepada nelayan di Sulbar," kata Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, bantuan kapal tradisional perahu sandeq tersebut kepada kelompok nelayan di Desa Pambusuang, Kecamatan Balanipa, Polewali Mandar, yang dikenal daerah bermukim para nelayan.

Selain itu juga diberikan kepada nelayan yang ada di Kabupaten Mamuju dan Majene.

Bantuan kapal perahu sandeq yang diberikan sebanyak tiga unit untuk setiap kelompok nelayan di tiga kabupaten di Sulbar, perahu bantuan tersebut telah dilengkapi sarana alat tangkap ikan.

Gubernur Sulbar mengatakan, saat ini pemerintah sedang fokus pada pemulihan ekonomi daerah dalam rangka penanganan pandemi dengan terus bekerja membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Kita bekerja untuk masyarakat, ke depan bantuan nelayan akan terus dikembangkan," ujarnya.

Ia meminta kepada kelompok penerima bantuan agar menjaga dengan baik perahu yang telah diberikan.

"Ini harus dirawat baik-baik supaya bisa dipakai lebih lama, Sulbar kaya akan potensi ikan, sangat disayangkan jika generasi Sulbar tak mampu menggali potensi tersebut, sehingga generasi muda mempersiapkan diri belajar menjadi pelaut yang handal," katanya.

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020