Liga Belanda

Bekuk ADO Den Haag 4-2, Ajax kokoh di puncak

Bekuk ADO Den Haag 4-2, Ajax kokoh di puncak

Pemain Ajax asal Brazil Antony melalukan selebrasi saat membawa timnya menang 2-1 atas Vitesse Arnhem di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, 20 September, 2020. (AFP/OLAF KRAAK)

Jakarta (ANTARA) - Ajax kokoh di puncak klasemen sementara Liga Belanda setelah membekuk tuan rumah ADO Den Haag 4-2 dalam laga pekan ke-13 yang berlangsung di Stadion Cars Jeans, Den Haag, Minggu.

Raihan tiga poin ini mengantar Ajax (33 poin) tetap menjaga jarak keunggulan tiga poin dari pesaing terdekatnya PSV Eindhoven, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Sementara ADO memperpanjang rentetan belum menang di sembilan laga yang telah dilakoni. Mereka terdampar di zona degradasi dengan raihan tujuh poin.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: PSV dan Feyenoord tempel ketat Ajax
Baca juga: Feyenoord alami kekalahan perdana musim ini di tangan Vitesse


Berdasarkan statistik, Ajax memang terlalu perkasa bagi ADO dengan penguasaan bola mencapai 71 persen. Pasukan Erik Ten Hag itu juga melepaskan 30 sepakan, 12 di antaranya tepat ke mulut gawang.

Berbanding terbalik dengan ADO yang hanya mampu melepaskan tiga tendangan mengarah ke gawang dari lima percobaan tendangan.

Dusan Tadic membuka keunggulan Ajax saat laga memasuki menit ke-20. Menerima umpan silang terukur Sean Klaiber, diselesaikan dengan sempurna oleh Tadic.

Hanya berjarak dua menit, penyerang gaek Klass Jan Huntelaar menggandakan keunggulan. Umpan lambung Daley Blind diselesaikan lewat sundulan.

Setengah jam babak pertama berjalan, tim tamu semakin memperlebar keunggulan. Proses gol ketiga yang dicetak Zakaria Labyad ini hampir serupa seperti gol pembuka. Labyad tinggal mencocor gawang Luuk Koopmans setelah menerima umpan matang Anthony.

Baca juga: PSV masih terlalu perkasa bagi RKC Waalwijk
Baca juga: Groningen mantap pada posisi lima setelah lumat Sparta 3-2


Lagi-lagi ADO harus kembali memungut bola dari gawangnya hanya berselang dua menit seusai gol Labyad. Huntelaar memaksa kedudukan menjadi 4-0 lewat skema yang persis mirip seperti gol pertamanya.

Tuan rumah yang tidak ingin menjadi bulan-bulanan mencoba keluar dari tekanan Ajax. Kerja keras mereka berbuah hasil saat laga paruh kedua baru berjalan empat menit melalui Michel Kramer.

Adapun gol kedua ADO sekaligus menjadi gol penutup dalam pertandingan itu dibukukan Samy Bourard pada menit ke-70. Berawal dari serangan balik cepat, akselerasinya dari tengah lapangan di akhiri lewat sepakan mendatar yang gagal ditepis Andre Onana.

Selanjutnya Ajax akan bertandang ke markas Willem II pada Rabu (23/12), ADO yang menjamu PEC Zwolle juga digelar pada hari yang sama.

Baca juga: Feyenoord umumkan Arne Slot pengganti Dick Advocaat di musim depan
Baca juga: Pemain Ajax Quincy Promes ditahan atas kasus penusukan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar