Liga Inggris

Debut Allardyce tangani West Brom berujung kekalahan telak lawan Villa

Debut Allardyce tangani West Brom berujung kekalahan telak lawan Villa

Penyerang Aston Villa Anwar El Ghazi mengkonversi tendangan penalti untuk mencetak gol keduanya ke gawang West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Minggu (20/12/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Laurence Griffith)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih kawakan Sam Allardyce mungkin patut melupakan pertandingan debutnya menangani West Bromwich Albion yang berujung kekalahan telak dengan skor 0-3 melawan Aston Villa dalam laga pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Allardyce belum genap sepekan menjadi manajer West Brom, yang memecat Slaven Bilic karena awal musim tak meyakinkan kendati pelatih asal Kroasia itu mampu membawa The Baggies promosi ke Liga Premier dari Divisi Championship.

Namun, baru lima menit mendampingi West Brom di sebuah pertandingan, Allardyce mendapat sambutan selamat datang dengan gawang timnya dibobol oleh Anwar El Ghazi untuk membawa Villa memimpin.

Baca juga: West Brom pilih pelatih spesialis hindari degradasi, Sam Allardyce

West Brom praktis tak mampu berbuat banyak dan terus menerus di bawah tekanan Villa.

Tekanan itu semakin nyata ketika West Brom harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain sebab Jake Livermore diganjar kartu merah atas pelanggaran terhadap kapten Villa, Jack Grealish, pada menit ke-36.

Wasit Martin Atkinson awalnya memperlihatkan kartu kuning kepada Livermore, tetapi setelah meninjau layar VAR di tepi lapangan, ia menaikkan hukumannya jadi kartu merah.

Situasi timpang terus berusaha dimanfaatkan Villa dan pada menit ke-73 Ollie Watkins sukses menyelesaikan umpan silang Matty Cash ke dalam gawang West Brom, tetapi golnya dianulir oleh Atkinson dan VAR karena offside.

Villa baru bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-84 saat Bertrand Traore melesakkan bola sodoran Grealish ke pojok kiri bawah gawang.

Empat menit kemudian El Ghazi mencetak gol keduanya dengan mengkonversi tendangan penalti setelah Grealish dilanggar oleh Semi Ajayi.

Baca juga: Penalti pengujung laga El Ghazi menangkan Villa di Wolverhampton

El Ghazi hampir melengkapi penampilannya dengan raihan trigol tepat di pengujung waktu normal jika saja tembakannya tak ditepis oleh kiper Sam Johnstone.

Allardyce patut bersyukur West Brom yang memiliki tak sampai 33 persen penguasaan bola dan hanya melepaskan satu percobaan sepanjang laga "cuma" kalah 0-3 saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Kekalahan itu membuat West Brom belum beranjak dari urutan ke-19 klasemen tak mampu menambah koleksi tujuh poin, sedangkan Villa (22) naik ke peringkat kesembilan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Awal tak meyakinkan Allardyce terancam berlanjut sebab di pertandingan pekan ke-15, West Brom harus bertandang ke markas juara bertahan Liverpool pada Minggu (27/12).

Villa sehari sebelumnya akan tampil dalam rangkaian laga Boxing Day dengan menjamu Crystal Palace di Villa Park, Birmingham.

Baca juga: MU sodok tiga besar klasemen selepas menang telak 6-2 atas Leeds
Baca juga: Tottenham tak berkutik dipecundangi Leicester di kandang sendiri
Baca juga: Gol pengujung laga Welbeck batalkan kemenangan perdana Sheffield

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar