Pandemi COVID-19 banyak hikmah yang kita dapatkan dan salah satunya adalah kita semua dapat bersatu untuk melakukan bakti sosial saling tolong-menolong tanpa melihat perbedaan suku, agama, bangsa dan negara,
Kuala Lumpur (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur dan Aliansi Organisasi Masyarakat Indonesia (AOMI) memberikan penghargaan kepada Menteri Wilayah Persekutuan Malaysia Tan Sri TPr. Annuar Hj. Musa, yang telah membantu warga negara Indonesia saat penerapan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP).

Penyerahan penghargaan disampaikan oleh Dubes KBRI Kuala Lumpur Hermono di sela-sela Musyawarah Besar AOMI di World Trade Center Kuala Lumpur, Minggu (20/12).

Selain itu, turut menerima penghargaan yang sama adalah Direktur Eksekutif World Trade Centre Kuala Lumpur Dato` Sri Dr. Irmohizam Ibrahim dan juga beberapa Ormas Indonesia serta beberapa LSM Malaysia lainnya yang sama-sama bergerak di lapangan menyalurkan bantuan COVID-19.

Baca juga: Hari Buruh - Ormas di Malaysia berbagi sembako ke PMI
Baca juga: Kepala BP2MI bakal bebaskan biaya penempatan pekerja migran


Dubes KBRI Kuala Lumpur Hermono dalam sambutannya mengatakan penghargaan ini adalah salah satu bentuk terima kasih pemerintah Indonesia kepada pemerintah dan rakyat Malaysia yang telah banyak membantu warga negara Indonesia ketika mengalami kesulitan penerapan aturan PKP  dalam membendung menyebarnya wabah COVID-19 di Malaysia.

"Penerapan PKP mengakibatkan banyak WNI yang tidak bisa bekerja sehingga kehilangan sumber pendapatan untuk memenuhi keperluan harian mereka," katanya.

Dia mengatakan hubungan antarpemerintah serta hubungan antarmasyarakat Indonesia-Malaysia harus dijaga sebaik mungkin demi kebaikan  semua dalam berbagai aspek.

"Pandemi COVID-19 banyak hikmah yang kita dapatkan dan salah satunya adalah kita semua dapat bersatu untuk melakukan bakti sosial saling tolong-menolong tanpa melihat perbedaan suku, agama, bangsa dan negara," kata Hermono.

Hermono mengatakan bakti sosial yang dilakukan tersebut merupakan operasi kemanusiaan yang luar biasa besar yang dilakukan oleh Ormas Indonesia dengan kerja-sama dan bantuan Tan Sri TPr. Annuar Hj. Musa, Irmohizam Ibrahim serta banyak pihak Malaysia lainnya .

Sementara itu, Menteri Wilayah Persekutuan Malaysia Tan Sri TPr. Annuar Hj. Musa yang diwakili oleh Sekretaris Politiknya Datuk Budiman Mohd. Zohdi mengatakan sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan dan ini juga menjadi bukti nilai-nilai penting untuk menguatkan lagi hubungan erat "people to people" yang sudah terbina sejak sekian lama.

"Peran Pekerja Indonesia dalam membangun Kuala Lumpur sangat besar dan oleh karena itu tidak ada salahnya Menteri Wilayah Persekutuan Tan Sri TPr. Annuar Hj. Musa menyisihkan rezekinya untuk membantu meringankan beban rakyat Indonesia yang ada di Kuala Lumpur dan sekitarnya," katanya.

Apa pun itu, ujar dia, Indonesia dan Malaysia tidak akan dapat dipisahkan karena pada hakikatnya warga kedua negara ini adalah saudara kandung yang saling memerlukan satu sama lain dalam berbagai aspek hubungan bilateral kedua negara.

Selain itu, AOMI juga mengudang dan memberikan piagam penghargaan kepada beberapa ormas Malaysia yang juga sangat berjasa dalam memberi perhatian dan bantuan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di antaranya adalah Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM), Everything is Live Others (ELVO), Kumpulan Peduli Rakyat Indonesia dan lain-lainnya.

Ketua Panitia Acara Tengku Adnan mengatakan bahwa kegiatan Musyawarah Besar AOMI ini dibantu sepenuhnya oleh Dubes Hermono, selain itu panitia acara juga sangat bersyukur atas dukungan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar yang telah bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya sejak awal persiapan sehingga acara ini berjalan dengan sukses dan lancar.

Baca juga: Musyawarah Besar AOMI Malaysia tetapkan sembilan orang presidium
Baca juga: Dubes RI, AOMI kunjungi WNI korban kebakaran di Selangor Malaysia

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020