Jakarta (ANTARA) - PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) menerapkan "lean management" yaitu memberikan nilai yang lebih dengan sumber daya yang terbatas serta memaksimalkan sumber daya yang ada dengan menghilangkan pemborosan pada proses kerja, agar dapat tetap bertumbuh di masa-masa sulit seperti saat pandemi saat ini.

Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengatakan, salah satu bentuk implementasi "lean management" tersebut yaitu pihaknya menawarkan program-program menarik yang tidak hanya memberikan nilai lebih kepada nasabah, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap operasional emiten berkode saham BABP tersebut.

"Salah satu program kita adalah Tabungan Dahsyat, yang menawarkan nilai lebih berupa berbagai hadiah bagi nasabah. Selain memberikan nilai yang menarik bagi nasabah, program ini juga utuk mendongkrak porsi dana murah perseroan," ujar Mahdan dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pertumbuhan tabungan melambat, MNC Bank terus ajak masyarakat menabung

Laju pertumbuhan tabungan di MNC Bank pada November 2020 mencapai 14,69 persen (yoy), lebih tinggi dari Oktober 2020 yang minus 0,98 persen (yoy). Laju pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan pada November 2020 sendiri mencapai 12,12 persen (yoy), lebih rendah dari Oktober 2020 yang mencapai 12,88 persen (yoy).

MNC Bank sendiri baru saja mendapatkan apresiasi terhadap kinerja operasionalnya melalui ajang penghargaan Indonesia Operational Excellence Awards (IOEA) 2020. MNC Bank berhasil memperoleh peringkat Gold (Excellent) untuk kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) II, pada virtual award yang diselenggarakan oleh Economic Review bekerja sama dengan PQI Consultant, Indonesia-Asia Institute, dan Ideku Group.

Indonesia Operational Excellence Awards 2020 adalah bentuk apresiasi kepada perusahaan maupun organisasi baik private maupun publik yang berhasil membuat strategi tepat sasaran untuk mencapai visi dan misi melalui operational excellence dengan pendekatan 'lean'.

Baca juga: MNC Bank terus mutakhirkan aplikasi seiring masifnya tren digitalisasi

Dewan juri memberikan penilaian berdasarkan kriteria tersebut kepada sekitar 1.000 perusahaan publik (Tbk) maupun non publik. Peserta kegiatan dibagi menjadi sembilan sektor industri dan dikategorikan menjadi 46 sub sektor industri serta kepemilikan dan asetnya.

Program seperti Tabungan Dahsyat MNC Bank yang memberi nilai lebih bagi nasabah sekaligus meningkatkan dana murah MNC Bank sehingga mencapai kinerja yang lebih baik, adalah contoh yang sesuai dengan harapan Founder Economic Review dan IOEA Irlisa Rachmadiana.

Nana, panggilan akrabnya, menegaskan, apresiasi Top Bank Award kali ini dimaksudkan agar perusahaan maupun organisasi dapat meningkatkan kinerja melalui peningkatan operational excellence sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kinerja ekonomi nasional dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang mendapat tantangan berat dari pandemi COVID-19.

"Saya harap apresiasi yang diberikan kepada MNC Bank dan berbagai perusahaan lainnya pada IOEA 2020 akan semakin menggaungkan penerapan operational excellence dengan pendekatan 'lean', sehingga sistem perusahaan di Indonesia akan semakin maju dan diakui secara global," ujar Nana

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020