Festival Lampion Raksasa awali rangkaian Fiesta Filipinas

Festival Lampion Raksasa awali rangkaian Fiesta Filipinas

Fiesta Filipinas, rangkaian festival untuk merayakan Natal di Filipina (Department of Tourism Philippines)

Inilah upaya pemerintah Filipina untuk menunjukkan bahwa negara kami terus mengusahakan pengalaman yang aman agar nantinya ketika wisatawan mancanegara diizinkan untuk bepergian ke Filipina, tujuan, atraksi, acara, dan fasilitas akan siap untuk merek
Jakarta (ANTARA) - Festival Lampion Raksasa (Giant Lantern Festival) mengawali rangkaian Fiesta Filipinas, perayaan Natal khas daerah Pampanga pada Sabtu (19/12) yang disiarkan melalui platform digital Department of Foreign Affairs (DFA) Philippines dan diikuti oleh berbagai kalangan, termasuk Indonesia.

Menurut siaran pers dari Kementerian Pariwisata Filipina, Senin, warga Indonesia ikut menyaksikan secara langsung bagaimana penduduk Filipina di kota yang dijuluki sebagai “Christmas Capital of the Philippines” itu, yaitu saat mempertunjukkan keindahan lampion raksasa dalam kompetisi tahunan yang melibatkan segenap komunitas di kota San Fernando di Pampanga, Filipina.

Selain Giant Lantern Festival, akan digelar festival lokal lainnya di Filipina yang akan diperkenalkan sebagai bagian dari Fiesta Filipinas.

Baca juga: Festival perdagangan-pariwisata awali peringatan 70 tahun hubungan Indonesia-Filipina
Baca juga: Kuliner Indonesia tarik minat masyarakat Filipina


"Fiesta Filipinas: An Online Celebration of Philippine Festivals" merupakan rangkaian acara online enam bagian dan multi-format yang berlangsung dari Desember 2020 hingga Mei 2021, yang akan menyimulasikan pengalaman festival melalui kombinasi video langsung dan prarekaman serta lokakarya dan aktivitas langsung.

Setiap bulan dari Desember 2020 hingga Mei 2021, satu festival Filipina akan ditampilkan sebagai cara bagi penduduk setempat untuk memperkenalkan pesta budaya mereka ke panggung dunia.

Fiesta Filipinas di Indonesia merupakan proyek kerja sama antara Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, Indonesia, melalui Departemen Luar Negeri (DFA) dengan Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) dan Komisi Nasional Kebudayaan dan Seni, yang memainkan peran aktif dalam melibatkan orang Indonesia untuk ambil bagian dalam maraknya Fiesta Filipinas.

Dalam peluncuran Fiesta Filipinas yang dilakukan sebelumnya di Manila (07/12), Wakil Pariwisata Filipina (DOT) Roberto "Bobby" Alabada III mengatakan bahwa ini adalah langkah inovatif untuk mempromosikan budaya Filipina, dan sebagai cara untuk membawa semangat perayaan khas Filipina lebih dekat ke hati warga lokal maupun wisatawan mancanegara, tanpa terhambat batasan akibat pandemi.

Siapa pun yang menginginkan nuansa festival Filipina akan segera dapat mengalami beberapa pemandangan dalam kenyamanan rumah mereka sendiri, berkat proyek online yang berupaya membangkitkan minat untuk bepergian ke Filipina setelah kondisinya memungkinkan.

“Inilah upaya pemerintah Filipina untuk menunjukkan bahwa negara kami terus mengusahakan pengalaman yang aman agar nantinya ketika wisatawan mancanegara diizinkan untuk bepergian ke Filipina, tujuan, atraksi, acara, dan fasilitas akan siap untuk mereka,” kata Bobby.

Untuk berbagi pengalaman, pihak Fiesta Filipinas akan membagikan kotak perlengkapan ‘Fiesta Filipinas Kit’ dalam jumlah terbatas kepada beberapa peserta yang beruntung dari seluruh dunia, agar mereka dapat mengikuti lokakarya yang akan diadakan sebagai bagian dari pesta virtual.

Mereka yang tinggal di luar negeri yang mungkin ingin berpartisipasi dapat menghubungi Kedutaan atau Konsulat terdekat untuk meminta kit mereka.

Perlengkapan tersebut akan berisi kerajinan Filipina yang sudah dikenal, makanan, parol bambu (lentera), dan hal-hal yang biasa dibagikan selama pesta tertentu.

Sementara itu Sekretaris DOT Bernadette Puyat meminta para peserta untuk bergabung dengan program tur virtual situs budaya dan suara Filipina dan pada saat yang sama berbagi dengan dunia kuliner Filipina yang membangkitkan selera wisatawan.

Dalam kuliner yang di Filipina dikenal sebagai patikim itu, wisatawan akan berbagi aroma, rasa, dan sensasi cokelat, durian, marang, diiringi tabuhan genderang Festival Dinagyang Iloilo.

Baca juga: Tarian Indonesia pukau pengunjung Festival Pakaradyan di Filipina
Baca juga: Masyarakat perbatasan terhibur dengan Festival Pesona Sangihe


Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar