mulai dari pendaftaran hingga hasil akhirnya tidak ada yang bersinggungan dengan orang
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 satuan kerja di lingkungan Kementerian ESDM menerima apresiasi dan penghargaan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) atau wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM)

Pembangunan zona integritas menuju WBK atau WBBM merupakan bagian integral dari pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian ESDM.

Mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo hadir dan menerima penghargaan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 secara langsung dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin.

Prahoro mengatakan capaian ini tidak lepas dari arahan Menteri ESDM yang mendorong untuk terus melakukan reformasi birokrasi, melalui program-program perbaikan yang realistis.

Setiap pimpinan eselon satu diminta turun langsung memimpin dan memastikan perbaikan di setiap proses reformasi birokrasi, yang tidak hanya di atas kertas, namun manfaatnya harus dirasakan langsung masyarakat dalam bentuk pelayanan yang lebih prima.

"Kita melihat perubahan-perubahan ini salah satunya adalah terkait dengan sistem pelayanan digital. Semuanya masuk ke digital, sebisa mungkin kita tidak menggunakan kertas. Jadi, semuanya (pelayanan di Kementerian ESDM), mulai dari pendaftaran hingga hasil akhirnya tidak ada yang bersinggungan dengan orang. Bersamaan dengan kondisi pandemi COVID-19, ini juga upaya kita untuk menghindari bertemu fisik. Dengan sistem yang baru yang kita punya di satuan kerja kita ini cukup membuat kita memperbaiki diri kita, khususnya untuk sistem yang kita punya," jelas Prahoro.

Bagi satuan kerja yang belum memperoleh predikat WBK/WBBM, Prahoro mengatakan Kementerian ESDM akan terus mengejar dan melakukan upaya lebih baik lagi dari yang ada saat ini. Apresiasi yang diraih ini harus menjadi motivasi bagi unit kerja lainnya.

Kementerian ESDM pun terus berbenah, khususnya pada digitalisasi pelayanan, agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Digitalisasi merupakan kata kunci bagi pelayanan publik yang prima.

"Zaman sudah berubah, kalau kita tidak ikut berubah dengan perubahan digitalisasi, kita akan jauh ketinggalan," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang hadir secara virtual pada acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 mengungkapkan seluruh penyelenggara pelayanan publik diharapkan melakukan akselerasi dan perbaikan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

"Lakukan inovasi terbaik dan cara kerja baru untuk menjawab tuntutan masyarakat yang dinamis. Saya minta kepada aparatur sipil negara (ASN) di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk tidak lelah-lelahnya mewujudkan zona integritas menuju WBK/WBBM," ujar Wapres.

Tahun ini, Kementerian ESDM mengusulkan 17 satuan kerja menuju WBK dan 9 satuan kerja menuju WBBM.

Setelah melalui proses penilaian evaluasi administrasi, presentasi, wawancara, serta verifikasi lapangan, sebanyak 10 satuan kerja layak memperoleh predikat WBK dan 2 satuan kerja memperoleh predikat WBBM.

Hingga saat ini, Kementerian ESDM telah memiliki 17 satuan kerja berpredikat WBK dan 2 WBBM.

Keberhasilan tersebut diraih setelah mempertahankan predikat WBK selama dua tahun dan banyak melakukan perubahan nyata hingga layak diberikan predikat WBBM.

Ke-12 satuan kerja yang meraih apresiasi dan penghargaan Zona Integritas WBK/WBBM 2020 adalah:

1. Direktorat Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi
2. Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan
3. Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan
4. Direktorat Penerimaan Mineral dan Batubara
5. Direktorat Pembinaan Pengusahaan Batubara
6. Direktorat Pembinaan Pengusahaan Mineral
7. Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara
8. Direktorat Aneka Energi Baru dan Terbarukan
9. Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan
10. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan
11. Pusat Pengembangan SDM Minyak dan Gas Bumi
12. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Baca juga: Kementerian ESDM catat akan ada 19 ribu unit mobil listrik pada 2025
Baca juga: Pencanangan 1 juta barel jadi tanda kebangkitan industri hulu migas RI
Baca juga: Kementerian ESDM sebut hilirisasi batubara hemat Rp9,2 triliun/tahun

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020