Kupang (ANTARA) - Pasien COVID-19 di Nusa Tenggara Timur bertambah 86 orang sehingga secara akumulatif jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 telah mencapai 1.907 orang.

"Pasien COVID-19 di NTT mengalami penambahan yang cukup banyak hari ini yaitu 86 orang sehingga total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT mencapai 1.907 orang," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, David Mandala ketika dihubungi di Kupang, Senin.

Menurut dia, penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT tersebar di tujuh kabupaten/kota.

Baca juga: Di Sumba Timur-NTT, wartawan dan dokter terkonfirmasi positif COVID-19

David Mandala menyebutkan, penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Timur sebanyak sembilan orang terdiri dari laki-laki tujuh orang, serta dua orang perempuan semuanya dari kluster transmisi lokal.

Sementara Kota Kupang penambahan satu kasus yaitu seorang laki-laki berusia 63 tahun dari transmisi lokal.

Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 paling banyak terjadi di Kabupaten Lembata sebanyak 32 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 22 orang perempuan.

"Semua pasien positif COVID-19 di Lembata ini merupakan kasus transmisi lokal," tegas David Mandala.

Ia juga mengatakan, satu pasien positif COVID-19 dilaporkan meninggal dunia di Lembata.

Baca juga: Uni Eropa bantu Rp28,9 miliar penanganan dampak pandemi COVID-19

David Mandala mengatakan, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat Daya di Pulau Sumba bertambah 27 kasus dari transmisi lokal.

Sementara itu kata dia, penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 juga terjadi di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak lima orang, Kabupaten Sumba Tengah empat orang dan Kabupaten Manggarai terjadi penambahan delapan kasus pasien COVID-19.

Ia mengatakan, jumlah pasien COVID-19 yang sedang dalam perawatan dan karantina mencapai 881 orang tersebar di 22 kabupaten/kota di NTT. 

Baca juga: Usai Pilkada, calon Bupati Sumba Timur positif COVID-19
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020