Kupang (ANTARA) - Kapal motor cepat Cantika Lestari 9E tujuan Kupang-Larantuka, Senin malam terpaksa kembali ke Pelabuhan Tenau Kupang setelah berlayar selama sekitar satu jam karena dihadang cuaca buruk yang ditandai gelombang tinggi.

"Kami berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang sekitar pukul 18.20 WITA. Setelah berlayar selama sekitar 30 menit, gelombang mulai menghantam kapal. Pada sekitar pukul 19.30 WITA kapal berhenti dan petugas mengumumkan bahwa kapal akan kembali ke pelabuhan karena cuaca buruk," kata Kristina, seorang penumpang di Pelabuhan Tenau Kupang, Senin malam.

Kapal tersebut kembali dan tiba di Pelabuhan Tenau Kupang pada sekitar pukul 20.48 WITA.

Baca juga: KSOP larang sejumlah kapal berlayar akibat cuaca buruk

Dia mengatakan, saat hendak turun dari kapal, para petugas sudah bersiap di depan tangga kapal untuk mengembalikan uang para penumpang.

Selain itu, pihak kapal juga mengumumkan kepada para penumpang yang tidak bisa kembali ke rumah karena alasan transportasi bisa bermalam di kapal sampai keesokan harinya.

"Ada penumpang juga yang tidur bermalam di kapal karena alasan transportasi dan itu diizinkan oleh petugas kapal," katanya.

Baca juga: Syahbandar Labuan Bajo larang kapal wisata berlayar selama cuaca buruk
Baca juga: KSOP Kupang minta tunda keberangkatan kapal di seluruh perairan NTT

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020