Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH mengatakan perguruan tinggi ini terus berbenah dan berpacu menuju universitas kelas dunia (world class university) dengan mengembangkan berbagai strategi dan program internasionalisasi.

"Selama hampir lima tahun masa kepemimpinan kami di USU ini, tentunya banyak hal yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh civitas akademika USU untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik dan non akademik, meningkatkan kualitas kinerja dan sumber daya manusia, serta meningkatkan prestasi mahasiswa dan dosen," ujar Runtung, dalam sambutannya pada Wisuda 867 Sarjana USU secara Daring Periode I TA 2020/2021 di Auditorium USU, Medan, Senin.

Ia menyebutkan, kampus USU yang ada di Kuala Bekala telah memiliki gedung Fakultas Kehutanan yang modern dan berkonsep green building dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang siap digunakan pada pelaksanaan kegiatan akademik di tahun mendatang.

Baca juga: USU gunakan Tumitin dan Plagiarism Checker untuk cek praktik plagiat

Baca juga: Guru Besar USU: ANTARA harus pertahankan pemberitaan yang dipercaya


"Selain itu USU juga membangun Wisma Internasional yang berdiri megah di areal kampus USU Padang Bulan. Sarana fisik tersebut semoga bisa segera difungsikan sesuai dengan tujuan pendiriannya begitu pandemi COVID-19 berakhir dan kita dapat kembali pada kehidupan normal sebagaimana yang pernah kita nikmati sebelumnya, namun dengan kualitas yang lebih baik," katanya.

USU dalam perjalanan mewujudkan visi-misi sebagaimana tertuang dalam Renstra 2015-2019, didukung oleh kerja keras civitas akademika, pada bulan Februari 2018 telah berhasil mewujudkan impiannya dalam meraih akreditasi A (unggul).

Sementara itu, dari jumlah 867 orang yang telah menyelesaikan studi mulai dari Oktober hingga Desember 2020, yakni Program Doktor (19 orang), Program Magister (96 orang), Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis (2 orang), Program Pendidikan Dokter Spesialis (10 orang), Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (2 orang), Program Dokter Jenjang Magister (18 orang), Pendidikan Profesi (21 orang), Program Sarjana (653 orang) dan Program Diploma (46 orang).

Selain itu, lulusan pria (318 orang) dan lulusan wanita (538 orang). Sampai saat ini total lulusan USU mencapai 223.255 orang.*

Baca juga: Dr Muryanto Amin terpilih sebagai Rektor USU periode 2021-2026

Baca juga: Lembaga penelitian masih temukan kebun sawit di hutan lindung

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020