Surabaya (ANTARA) - Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Jawa Timur resmi mengajukan KH Mutawakkil Alallah sebagai bakal calon ketua Majelis Ulama Indonesia Jatim periode 2020-2025.

"Saya yang meminta khusus Kiai Mutawakkil agar berkenan jadi Ketua MUI Jatim," ujar Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur di Surabaya, Senin.

Dewan Pimpinan MUI Jatim akan menyelenggarakan Musyawarah MUI Jatim X Tahun 2020 pada Selasa - Rabu, 22-23 Desember 2020 di Surabaya.

Pelaksanaan musyawarah dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, seperti pengecekan suhu badan, menggunakan masker, cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan senantiasa menjaga jarak selama di lokasi.

Baca juga: PBNU: Salam dari berbagai agama perkuat kebangsaan

Baca juga: Polisi tunggu MUI soal nasib jenazah pelaku teror Surabaya


Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo, KH Agoes Ali Masyhuri, menyatakan Keluarga Besar NU sepakat mengusulkan nama Kiai Mutawakkil Alallah menjadi Ketua MUI Jatim.

"Ketua MUI Jatim sekarang ini sudah 3 periode, wis wayahe regenerasi, sosok paling lengkap untuk menggantikan tak ada yang lain, kecuali Kiai Mutawakkil," ucapnya.

Gus Ali, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa kapasitas Kiai Mutawakkil tidak perlu diragukan lagi.

"Kiai Mutawakkil itu selain alim, sosok yang sangat tawadhu, moderat dan diterima semua kalangan, sangat layak. Beliau terbukti berhasil dan kompak memimpin NU di Jatim bersama Kiai Miftachul Akhyar, yang saat ini memimpin MUI Pusat," katanya.*

Baca juga: MUI jatim berseru pemboman Surabaya cederai persaudaraan

Baca juga: Jatim dijadikan proyek percontohan program domba nasional

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020