Abuja (ANTARA) - Nigeria menyarankan pemerintah daerah setempat untuk membatasi pertemuan publik dan menutup bar, serta klub malam selama lima minggu ke depan di tengah lonjakan kasus COVID-19 baru, kata satuan tugas virus corona pemerintah pada hari Senin.

Negara terpadat di Afrika bisa berada di ambang gelombang kedua virus corona baru dengan jumlah kasus yang dikonfirmasi meningkat dalam komunitas selama beberapa minggu terakhir.

Kota dagang terbesar Lagos, Abuja, dan negara bagian Kaduna di utara telah muncul sebagai episentrum baru dengan lebih dari 70 persen kasus yang dikonfirmasi, kata Boss Mustapha, ketua gugus tugas kepresidenan untuk COVID-19, yang merupakan pegawai negeri paling senior di negara itu.

Baca juga: Kasus COVID-19 menurun, sekolah di Lagos Nigeria siap dibuka
Baca juga: Menlu Nigeria positif COVID-19


Proporsi tes positif untuk virus telah meningkat sejak minggu kedua Desember, menghubungkan penyebaran dengan pertemuan besar dan kepatuhan yang buruk terhadap masker wajah, tambahnya.

Pernyataan itu menyarankan negara bagian untuk membatasi kapasitas pertemuan gereja dan masjid sementara pub dan pusat acara harus ditutup. Daerah harus memberlakukan penggunaan masker di ruang publik.

Nigeria, menjalankan sistem federal pemerintah dan pemerintah daerah memiliki struktur hukum dan penegakan hukum untuk mengelola pandemi dalam yurisdiksi mereka, kata pernyataan itu.

Lagos telah memerintahkan sekolah untuk tutup tanpa batas waktu dan melarang konser, karnaval, dan pesta jalanan serta meminta pegawai negeri sipil tertentu untuk bekerja dari rumah di tengah lonjakan kasus baru COVID-19.

Pernyataan itu mengatakan bahwa pemerintah sedang membahas pembatasan perjalanan internasional ke negara-negara tempat galur baru virus corona yang telah ditemukan.

Sumber : Reuters

Baca juga: Nigeria ingatkan peluang gelombang II penularan COVID-19
Baca juga: Tenaga kesehatan Nigeria unjuk rasa tuntut upah penanganan COVID-19

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020